Baru Bermain Dua Tahun di Indonesia, Penyerang Asing PSIS Ingin Jadi WNI

Football5Star.com, Indonesia – Penyerang PSIS asal Brasil, Bruno Silva mengaku ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dia berkata bahwa ini adalah suatu kehormatan dalam karirnya untuk bisa memperkuat Indonesia.

“Saya ingin menjadi WNI, dan tertarik membela Timnas Indonesia. Bagi saya jika bisa memperkuat Indonesia, itu adalah suatu kehormatan dan sangat luar biasa untuk karir saya. Tapi saya tahu harus ada prosedur yang cukup panjang untuk dilalui,” ungkap Bruno Silva seperti dikutip Football5Star.com dari AyoSemarang.com.

Baru Bermain Dua Tahun di Indonesia, Penyerang Asing PSIS Ingin Jadi WNI
@silva_bruno91

Sementara itu, CEO PSIS, Yoyok Sukawi menerangkan keinginan Bruno Silva untuk menjadi WNI bukan hal yang mudah. Terlebih lagi persyaratan saat ini menjadi WNI cukup rumit dan memakan waktu lama.

“Untuk jadi WNI, ada dua jalan sebetulnya. Pertama, jika dipanggil timnas Indonesia, tapi sekarang PSSI tidak ada kebijakan seperti itu. Bruno di Indonesia menetap kemungkinan baru dapat dua tahun, kurang beberapa tahun lagi, sehingga tidak semudah itu menjadi WNI,” tandasnya.

Adapun menurut peraturan Kemenkumham permohonan naturalisasi untuk seorang WNA pada waktu mengajukan permohonan minimal sudah bertempat tinggal di wilayah Negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut.

Saat ini Bruno Silva suah menginjak usia 28 tahun. Kemungkinan paling cepat Bruno bisa jadi WNI pada usia 31 tahun dengan catatan dirinya menetap terus-menereus di Indonesia.