Baru Degradasi, Leganes Dinobatkan Sebagai Klub dengan Finansial Terbaik

Football5star.com, Indonesia – Perjalanan Leganes musim ini cukup mengecewakan. Mereka harus terdegradasi ke Segunda Division setelah empat tahun berada di LaLiga.

Kendati begitu, Leganes justru mendapat peghargaan. Mereka dinobatkan sebagai klub dengan pengelolaan finansial terbaik di Eropa.

Penghargaan ini didapat lewat penelitian yang dilakukan Off The Pitch yang menganalisis kinerja di luar lapangan klub-klub top Eropa di seluruh liga divisi teratas pada tahun kalender 2019. Penelitian ini berdasrakan tiga faktor utama.

Leganes vs Real Madrid - Liga Spanyol - @cdleganes
instagram.com/cdleganes

Yaitu seberapa baik klub mengelola operasional dan aset mereka terhadap utang, pendapatan sebelum pajak dan pengurangan lainnya yang diperhitungkan, serta pengembalian aset dan rasio ekuiatas.

Melonjaknya posisi klub asuhan Javier Aguire ke peringkat pertama tak lepas dari aset yang meningkat. Klub mengalami peningkatan aset sebesar 30 juta euro. Ini terjadi karena lonjakan signifikan dalam pendaftaran pemain dari 1 juta euro menjadi 12,2 juta euro.

Mereka juga mengalami keuntungan besar dalam penjualan pemain. Jika sebelumnya Leganes hanya mendapat 2,5 juta euro, kali ini mereka mendapat tak kurang dari 21 juta euro.

Di sisi lain, dari 10 klub dengan pengelolaan keuangan terbaik, ada tiga klub Spanyol yang berada di tiga besar. Dan menariknya ketiga klub tersebut musim ini sama-sama berjuang di zona degradasi.

Selain Leganes, ada juga Eibar dan Celta Vigo yang ada di urutan kedua dan ketiga. Tujuh tim lainnya yang berada di 10 besar adalah Ajax Amsterdam, Borussia Dortmund, Burnley, Atalanta, Manchester City, Bayern Munich, dan Napoli.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More