Batshuayi Buat Dortmund Dilematis

Football5Star.com, Indonesia – Borussia Dortmund segera menutup kepergian Pierre-Emerick Aubameyang dengan cepat. Die Schwarzgelben mendatangkan Michy Batshuayi dengan status pinjaman hingga akhir musim dari Chelsea. Namun, kedatangan pemain asal Belgia menimbulkan dilema tersendiri. Dortmund harus memilih antara dia dan Manuel Akanji untuk masuk skuat Liga Europa.

Sesuai peraturan yang diterapkan UEFA, setiap tim memang diperbolehkan memasukkan tiga nama tambahan untuk babak knock out. Namun, masalahnya, dari tiga pemain itu hanya ada satu slot untuk pemain yang pernah berlaga di fase grup ajang lain. Seperti diketahui, Batshuayi dan Akanji telah berlaga di fase grup Liga Champions musim ini. Batshuayi bersama Chelsea, Akanji dengan FC Basel.

Manuel Akanji, penggawa baru lini belakang Dortmund.
sport360.com

Ini masalah tersendiri bagi pelatih Peter Stoeger. Idealnya, dia membutuhkan kedua pemain tersebut sekaligus. Pasalnya, lini yang ditempati kedua pemain itu sama-sama minim.

Di lini belakang yang seharusnya diisi Akanji, Stoeger hanya tinggal punya Sokratis Papastathopoulos, Omer Toprak, dan Dan-Axel Zagadou. Itu karena dua bek tengah lain sudah hengkang. Marc Bartra kembali ke Spanyol dengan menerima pinangan Real Betis. Sementara itu, Neven Subotic menyeberang ke St-Etienne.

Adapun di lini depan, sepeninggal Aubameyang, kini Dortmund hanya tinggal memiliki Alaexander Isak yang berposisi striker murni. Itu pun kemampuannya belum betul-betul teruji. Maka dari itu, kehadiran Batshuayi sangat dibutuhkan di posisi ini. Apalagi, Andriy Yarmolenko yang bisa dijadikan opsi alternatif malah cedera.

Menilik kebutuhan yang ada, Bathsuayi sangat mungkin dipilih Stoeger ketimbang Akanji. Namun, putusan akhir baru bisa diketahui pada batas akhir pendaftaran nama pemain pada 1 Februari 2018 pukul 23.59 waktu setempat.

Comments
Loading...