Bawa Arsenal ke Final Liga Europa, Unai Emery Cetak Rekor

Football5Star.com, Indonesia – Arsenal secara meyakinkan berhasil lolos ke final Liga Europa. Menghadapi Valencia pada semifinal, anak-anak asuh Unai Emery menang dengan selisih dua gol, baik di kandang sendiri maupun di kandang lawan. Di Emirates, mereka menang 3-1, sedangkan di Mestalla, mereka unggul 4-2.

Keberhasilan Arsenal lolos ke final juga punya makna khusus bagi Unai Emery. Keberhasilan tersebut mengantar dia menggurat rekor baru. Pria asal Spanyol itu menjadi pelatih pertama yang lolos ke final Liga Europa (dahulu Piala UEFA) sebanyak empat kali.

Unai Emery tiga kali membawa Sevilla ke final Liga Europa dan selalu juara.
soccerticketsonline.com

Sebelumnya, rekor final terbanyak di ajang ini dipegang oleh Giovanni Trappattoni dan Sven-Goran Eriksson. Keduanya sama-sama tiga kali menembus partai puncak Piala UEFA. Trapattoni pada 1976-77, 1990-91, dan 1992-93, sedangkan Eriksson pada 1981-82, 1982-83, dan 1997-98. Bedanya, Trapattoni selalu juara, sedangkan Eriksson hanya sekali jadi kampiun.

Sebelum bersama Arsenal pada musim ini, Unai Emery menembus tiga final Liga Europa bersama Sevilla. Ketiganya dilakukan secara beruntun pada 2013-14 hingga 2014-15. Pada tiga kesempatan tersebut, dia selalu mampu membawa Los Rojiblancos juara.

Jika dihitung sejak kompetisi ini berganti nama jadi Liga Europa pada 2009-10, pria berumur 47 tahun itu sudah membukukan satu rekor. Dialah orang pertama yang membawa dua klub berbeda ke final.

Kembali berada di final Liga Europa, Unai Emery dapat membukukan rekor baru. Dia berpeluang menjadi pelatih tersukses di ajang tersebut. Hingga saat ini, belum ada pelatih yang mampu empat kali juara Liga Europa atau Piala UEFA. Rekor koleksi gelar dipegang oleh Emery dan Trapattoni. Keduanya sama-sama tiga kali juara.

Comments
Loading...