Bayern Abaikan Protokol Kesehatan? Ini Penjelasan Oliver Kahn

Football5Star.com, Indonesia – Bayern Munich lagi-lagi menuai kritik. Bukan karena menang 8-0 atas FC Schalke 04 pada laga pembuka Bundesliga 2020-21, melainkan gara-gara penampilan para petinggi klub di tribune Stadion Allianz Arena. Oliver Kahn cs. tampak seperti mengabaikan protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19.

Saat menjamu Schalke, jajaran petinggi Bayern Munich menonton di tribune Stadion Allianz Arena. Selain Oliver Kahn, ada pula Presiden Herbert Heiner, CEO Karl-Heinz Rummenigge, CFO Jan-Christian Dreesen, dan CCO Andreas Jung. Sang eks presiden, Uli Hoeness, juga ada di sana.

Hal yang menjadi sorotan, mereka berada di tribune tanpa mengenakan masker. Selain itu, Kahn cs. pun duduk tanpa jarak di kanan dan kiri. Jarak hanya ada di antara deret kursi yang mereka tempati. Hal itu dinilai mengabaikan protokol kesehatan yang berlaku pada pandemi COVID-19.

sportbuzzer.de

Sesuai protokol yang dikeluarkan Deutscher Fussball Liga (DFL), semua orang yang berada di Zona 2 di stadion diwajibkan memakai pelindung mulut dan hidung jika jarak minimal 1,5 meter tak dapat dipenuhi. Masker pun jadi keharusan jika ada setidaknya 35 kasus baru per pekan dari setiap 100.000 penduduk.

Mengenai dugaan Bayern Munich mengabaikan protokol kesehatan, Oliver Kahn memberikan penjelasan. Menurut eks kapten timnas Jerman itu, tak ada peraturan yang dilanggar. “Semua orang mematuhi peraturan lokal yang berlaku di Bavaria. Peraturan yang ada mengizinkan hal itu,” kata dia kepada ZDF seperti dikutip Football5Star.com dari Sportbuzzer.

Bayern Juga Dikritik karena Clemens Tonnies

sport1.de

Bukan itu saja yang menjadi sorotan publik saat Bayern Munich menghajar Schalke 8 gol tanpa balas. Keberadaan Clemens Tonnies, eks Presiden FC Schalke 04, juga mendatangkan kritik. Sebagian pihak menilai Tonnies tak seharusnya berada di tribune Stadion Allianz Arena bersama Kahn dkk.

Menurut manajemen Schalke, Tonnies datang ke Stadion Allianz Arena bukan sebagai bagian dari delegasi klub asal Lembah Ruhr itu. Sang eks presiden datang atas undangan mantan Presiden Bayern Munich, Uli Hoeness. “Dia ada di sana karena kedekatan dengan komite eksekutif Bayern,” ujar juru bicara Die Knappen kepada Sport1.

Keberadaan Tonnies pun tak melanggar aturan yang berlaku. Berdasarkan regulasi DFL, bukan hanya klub yang boleh mengundang seseorang datang ke stadion. Dalam hal ini, undangan dari Uli Hoeness bukan pelanggaran. Hal serupa juga dapat dilakukan para petinggi Die Roten macam Oliver Kahn dan Karl-Heinz Rummenigge.

Bayern MunichBundesligaBundesliga 1Clemens TonniesLiga JermanOliver Kahn