Bayern Kini Lebih Sulit Ditebak

Bayern Munich tampil impresif sejauh musim 2015/2016 berjalan. Salah satu alasannya karena kehadiran beberapa pemain baru yang bikin permainan Die Roten jadi lebih sulit ditebak lawan-lawannya.

Bersama Pep Guardiola, Bayern memang masih tampil kompetitif setidaknya di level domestik di mana mereka menguasai Bundesliga dalam dua musim terakhir, plus ditambah di DFB-Pokal musim lalu.

Sayangnya, sejak menjuarai Liga Champions musim 2013, Bayern selalu mentok di semifinal. Setelah takluk dari Real Madrid di 2014, musim lalu Bayern digasak Barcelona di fase yang sama.

Hal ini lantas mengundang kritik untuk Bayern yang dinilai tampil monoton di bawah asuhan Pep, yang hanya mengandalkan permainan bola dari kaki ke kaki dan penguasaan bola selama-lamanya.

Tapi ada faktor lain yang membuat Bayern sulit tampil oke di Eropa, khususnya musim lalu, di mana beberapa pemain intinya bergantian cedera seperti Arjen Robben, Franck Ribery, Mario Goetze, Thiago Alcantara, Philipp Lahm, dan David Alaba.

Maka dari itu, Bayern pun berbenah musim ini dengan mendatangkan Douglas Costa dan Kingsley Coman yang dinilai dapat memberi warna baru bagi permainan tim. Belum lagi ada Arturo Vidal yang menambah daya tempur di lini tengah.

Hasilnya pun terlihat di mana Bayern hanya kalah sekali di seluruh laga kompetitif yang diikuti, yakni saat takluk 0-2 dari Arsenal di matchday III Liga Champions serta satu kali seri melawan Eintracht Frankfurt. Selebihnya Bayern memenanginya dan bahkan kerap dengan skor-skor mencolok.

“Tentu saja (kami lebih tangguh daripada musim lalu). Sekarang, kami memiliki lebih banyak opsi daripada beberapa bulan yang lalu, terutama pada area satu lawan satu,” ujar bek Bayern, Mehdi Benatia, soal perubahan besar pada permainan timnya musim ini.

“Ketika Franck Ribery dan Arjen Robben absen pada musim lalu, kondisi itu tidak mudah bagi kami untuk melewati lawan-lawan kami. Tapi dengan Kingsley Coman dan Douglas Costa sekarang kami punya banyak opsi dan kami lebih sulit ditebak,” sambung bek asal Maroko itu seperti dikutip situs resmi Bundesliga.

“Aku hanya berharap kami tidak mendapatkan cedera di tahap yang menentukan seperti di bulan Maret dan April, dan Franck serta Mario (Goetze) bisa segera pulih sehingga kami punya peluang untuk maju sejauh mungkin. Kami bisa memenangi mahkota Eropa kalau kami terus bermain di level kami sekarang. Akan sulit mengalahkan kami,” tutup Benatia.

Comments
Loading...