Bayern Upayakan Kurangi Sampah Plastik di Allianz Arena

Football5Star.com, Indonesia – Bayern Munich menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Akhir pekan ini, saat menjamu Hannover 96, mereka akan menguji coba pemakaian gelas-gelas yang bisa dipakai ulang di Stadion Allianz Arena. Gelas-gelas itu akan menggantikan gelas-gelas plastik sekali pakai yang sehabis laga menjadi sampah.

Hal itu diumumkan pada Selasa (28/11/2017) oleh CEO Karl-Heinz Rummenigge. “Sebenarnya kami sudah lama membicarakan wadah yang bisa dipakai ulang di Allianz Arena ini,” terang dia. “Namun baru sekarang ketika sudah menjadi pemilik tunggal stadion, kami bisa memperkenalkan penggunaan gelas yang bisa dipakai ulang dan sistem deposit.”

Pemakaian gelas plastik sekali pakai akan dikurangi di Allianz Arena.
Footballnewsmagazine.co.uk

Lebih jauh, mantan striker ulung era 1980-an itu menambahkan, “Melindungi lingkungan adalah persoalan penting. FC Bayern ingin menjadi bagian dari hal itu. Saya berterima kasih kepada Departemen Lingkungan Bavaria yang dikepalai Ulrike Scharf atas dukungan dan saran yang diberikan.”

Dengan sistem baru nanti, seorang penonton akan diminta uang deposit sebesar 2 euro saat mengambil gelas minum. Sang penonton akan mendapatkan kembali uangnya saat mengembalikan gelas tersebut. Menurut rencana, pemakaian gelas yang bisa dipakai ulang itu akan benar-benar diterapkan mulai musim depan.

Ada dua hal yang menjadi tujuan utama sistem baru itu. Pertama, mengurangi sampah di stadion yang biasanya menggunung usai Bayern bertanding. Kedua, meningkatkan efisiensi pemakaian sumber-sumber energi.

Soal penggunaan energi, sudah sejak lama pengelola Allianz Arena menaruh perhatian besar. Salah satunya dengan instalasi LED baru di fasad stadion pada 2015. Hal itu diklaim bisa menghemat pemakaian energi hingga 40 persen dari sebelumnya.

Comments
Loading...