Beban Berat Cucu Lev Yashin, Pensiun di Usia Muda dan Hampir Gila

Football5star.com, Indonesia – Kiper Uni Soviet, Lev Yashin adalah salah satu kiper hebat yang pernah berkarier di panggung sepak bola. Jejak kejayaan Lev Yashin ternyata pernah coba diteruskan keluarganya, Vasiliy Frolov.

Vasiliy Frolov adalah cucu dari Lev Yashin. Dikutip Football5star.com dari bbc, Sabtu (28/11/2020), Frolov sempat bergabung ke Dynamo Moskva pada 2006. Sebelum ia menimba ilmu di akademi Dynamo Moskva. Sayangnya, karier Frolov tak pernah secemerlang sang kakek.

eurosport.es

Sempat bermain di Dinamo St. Petersburg, pada 2009, Frolov memutuskan untuk gantung sepatu di klub kecil Rusia, Zelenograd. Penampilannya bahkan jauh dari sorotan media Rusia, tak seperti sang kakek. Saat ini, Frolov memutuskan untuk membuka sekolah sepak bola khusus kiper di pinggiran kota Moskva, Tyshino.

“Saya tidak bisa mengatakan ada tekanan atau ekspektasi tinggi banyak orang kepada saya. Tetapi tetap ada tekanan dari internal keluarga. Beban itu adalah fakta bagi perjalanan karier saya. Saya tak bisa menampik memiliki kakek sebesar dia,” ucap Frolov.

Bahkan dikatakan oleh Frolov, bahwa neneknya yang notabene adalah istri Lev Yashin, Vasily sempat mengatakan kepada dirinya bahwa ia tidak cukup baik sebagai seorang kiper. Itu menjadi beban mental tersendiri bagi Frolov.

“Saya selalu ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa saya sebaik itu, tetapi memang levelnya sangat tinggi sehingga seiring waktu, setiap tim saya alami kekalahan, selalu ada reaksi yang menyakitkan,”

“Pada satu titik, saya mengerti bahwa ini bisa membuat saya gila dan saya harus berhenti karena level saya semakin rendah. Itu saja,” kata Frolov.

Saat ditanya mengenai apakah ia memiliki kenangan indah tentang sang kakek, Lev Yashin, Frolov menyebut saat kecil ia sempat tidur bersama sang kakek dan ia banyak bercerita mengenai kariernya.

“Saya senang bahwa kakek mengundang saya untuk dekat dengannya. Dia menutupi saya dengan selimut dan rasanya sangat nyaman dan hangat berada di sampingnya,” kenang Frolov.

internasionalLev Yashin