Bejo: Media Sosial Pengaruhi Fokus Pemain Tim Nasional

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan tim nasional Indonesia dari Uni Emirat Arab dalam ajang Asian Games 2018 menarik perhatian mantan bek timnas, Bejo Sugiantoro. Menurutnya, ada sedikit perbedaan era sekarang dibandingkan ketika zamannya dulu.

Kemudahan akses media membuat semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati pertandingan timnas. Sorotan kepada para pemain pun lebih besar porsiya dibandingkan beberapa tahun lalu.

“Dari segi metode kepelatihan tidak ada perbedaan. Hanya saja sekarang yang harus digarisbawahi adalah media sosial banyak. Setiap kita bikin kesalahan pasti langsung dihujat,” papar Bejo saat ditemui di Lapangan Jenggolo, Senin (27/8) pagi.

“Ini yang tidak ada di zaman saya dulu. Waktu itu, siaran televisi saja sangat terbatas. Sementara sekarang, semua berebut untuk mendapatkan hak siar dengan tim nasional. Mungkin itu yang menjadi beban pemain,” lanjutnya.

Bejo Sugiantoro - Persebaya - Football5star
abdillah/football5star

Ayah daru Rachat Irianto tersebut pun menolak jika dikatakan pemain tim nasional sekarang kurang bisa mengantisipasi tekanan publik. Baginya, hal tersebut sudah menjadi resiko seseorang yang ingin berkarier di dunia sepak bola.

“Bahasanya kan (seorang) profesional sejati harus siap dan berani menghadapi tekanan,” tambahnya lagi. Bejo membela tim nasional sekak 1997 hingga 2004. Dalam kurun waktu tersebut ia tampil sebanyak 45 pertandingan dan mencetak dua gol.

Comments
Loading...