Bekas Markas Atletico Madrid akan Beralih Fungsi

Football5star.com, Indonesia – Bekas markas Atletico Madrid, Stadion Vicente Calderon, akan beralih fungsi pada Desember mendatang. Bangunan stadion yang selama 51 tahun menjadi saksi turun naiknya prestasi Atletico ini nantinya akan dihancurkan.

Menurut laporan Diario AS, bangunan stadion dan infrastruktur lainnya akan dihancurkan pada Desember mendatang. Nantinya, proses penghancuran ini akan dilakukan secara bertahap.

Juli lalu, Cadena Cope melaporkan biaya proyek tersebut mencapai 42,2 juta euro dan memakan waktu selama dua tahun sepuluh bulan. Nantinya, daerah di sepanjang sungai Manzanares, yang mengitari stadion akan dipenuhi perumahan dan ruang terbuka hijau.

Atletico Madrid Vs Sociedad (@atletianglish)1
@atletienglish

Vicente Calderon pertama kali digunakan Atletico pada tahun 1966. Romantisme Los Rojiblancos dengan stadion kebanggaan mereka itu harus berakhir tahun lalu setelah klub memutuskan pindah ke Wanda Metropolitano.

Alih fungsi stadion sepak bola sejatinya bukan kali ini saja terjadi. Banyak stadion-stadion di Eropa yang tidak terpakai kini sudah berubah wujud. Di antaranya adalah bekas kandang Arsenal, Highbury Stadium, dan Maine Road, yang pernah digunakan Manchester City.

Stadion yang menjadi saksi kedigdayaan Arsenal di Premier League kini sudah berubah menjadi apartemen mewah. Sementara Maine Road kini menjadi perumahan ramah lingkungan.

Perubahan fungsi stadion yang sudah terpakai memang tidak bisa dihindarkan. Tidak adanya kegiatan yang dilakukan di stadion dikhawatirkan bisa membuat bangunan tersebut tidak terawat dan bisa merusak pesona kota setempat.