Belajar dari Kegagalan, Liverpool Bisa Tak Terkalahkan Musim Ini

Football5star.com, Indonesia – Mantan pemain Liverpool, Jermaine Pennant, percaya The Reds sudah belajar dari kegagalan menjadi juara musim lalu. Ia bahkan percaya Sadio Mane dan kawan-kawan bisa tak terkalahkan musim ini.

Liverpool duduk nyaman di puncak klasemen sementara, unggul 9 poin atas Manchester City. Artinya, jika laju apik ini bisa dipertahankan sampai Desember, Liverpool bisa jadi bakal melaju kencang sampai akhir musim.

Pennant mencoba membandingkan laju Liverpool musim ini dengan musim lalu ketika The Reds nyaris mewujudkan mimpi mereka. Jurgen Klopp membawa timnya meraih 97 poin di Premier League, hanya menelan satu kekalahan sepanjang musim

Torehan nyaris ajaib itu ternyata belum cukup, masih ada Man City yang lebih kuat. Namun, Pennant yakin musim ini Liverpool bakal lebih baik, bahkan mungkin tidak terkalahkan semusim penuh.

Mohamed Salah meminta Liverpool tak terlena meskipun nanti menang atas Manchester City.
Getty Images

“Untuk Liverpool hanya kalah sekali musim lalu dan tidak memenangkan liga; itu tidak pernah terjadi dan tidak akan pernah terjadi lagi. Musim ini mereka lebih siap dan memiliki lebih banyak pengalaman berada dalam situasi itu dan itu terlihat sampai sekarang,” kata Pennant kepada 888 Sport.

“Mereka mencetaj gol-gol akhir di mana musim lalu mereka bertahan untuk hasil imbang. Mereka belajar dari pengalaman masa lalu. Mereka lebih siap musim ini untuk tidak terkalahkan dan memiliki semua fundamental di sana untuk lebih baik daripada musim lalu.”

Pennant juga menilai Sadio Mane adalah pemain terbaik Liverpool musim ini.

“Meskipun Mohamed Salah telah menjadi pencetak gol terbanyak selama dua musim terakhir, Mane telah memulai dengan penuh semangat, tidak hanya dengan gol tetapi juga assist. Permainannya sangat fenomenal dan itu menunjukkan seperti apa karakternya: ketika Anda adalah pencetak gol terbanyak dan Anda bekerja sekeras yang dia lakukan, itu berbicara banyak,” Pennant menambahkan.