Belanda Pastikan Satu Tempat di Babak Final Piala Dunia Wanita

Football5star.com, Indonesia – Belanda dipastikan akan berlaga di babak final Piala Dunia Wanita pada 7 Juli mendatang setelah menyingkirkan Swedia di babak semifinal. Kemenangan ini diraih berkat gol tunggal Jackie Groenen di babak tambahan waktu.

Tampil sebagai tim unggulan, Belanda langsung mengambil inisiatif serangan di awal-awal pertandingan. Baru dua menit laga berjalan, mereka mendapatkan peluang lewat sepakan keras Vivianne Meidema dari luar kotak penalti.

Beberapa menit setelahnya, giliran Swedia yang mengancam lewat penetrasi Lina Hurtig yang masih bisa diamankan oleh Sari van Veenendaal. Kedua tim sama-sama saling jual beli serangan dan punya beberapa peluang. Namun, tak ada satu pun gol yang tercipta di paruh pertama.

Di babak kedua, Swedia mampu mengawali pertandingan dengan sempurna. Pada menit ke-56, mereka bahkan sempat mendapatkan peluang emas lewat sepakan Nilla Fischer dari dalam kotak penalti. Namun, Van Veenendaal masih mampu menyelamatkan gawangnya.

Belanda vs Swedia - Piala Dunia Wanita 2019 - Squawka
Squawka

Delapan menit berselang, giliran Belanda yang mengancam lewat sundulan Meidema. Beruntung bagi Swedia, sundulan Meidema masih membentur mistar gawang dan bola berhasil diamankan. Selepas peluang ini, Swedia langsung mengurung lini pertahanan Belanda hingga ke penghujung pertandingan.

Tak adanya gol yang tercipta selama 90 menit membuat partai harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Di sini, Belanda mampu menunjukkan penampilan yang lebih baik memanfaatkan kelelahan dari para pemain Swedia.

Usaha keras dari Der Oranje pun membuahkan hasil pada menit ke-99 lewat sepakan terukur Jackie Groenen. Tertinggal, Swedia kembali mengambil inisiatif serangan. Namun, mereka gagal mencetak gol penyama kedudukan di sisa waktu pertandingan.

Di babak final Piala Dunia Wanita, Belanda akan menantang tim juara bertahan, Amerika Serikat. Sementara itu, Swedia masih harus melakoni partai perebutan tempat ketiga melawan Inggris pada 6 Juli mendatang.

SUSUNAN PEMAIN BELANDA VS SWEDIA:

Belanda: 1-Sari Van Veenendaal; 2-Desiree Van Lunteren, 3-Stefanie Van der Gragt, 20-Dominique Bloodworth, 4-Merel Van Dongen; 14; Jackie Groenen, 10-Dannielle van den Donk, 8-Sherida Spitse; 21-Lineth Beerensteyn (7-Shanice Van de Sanden 72′), 9-Vivianne Meidema, 11-Lieke Martens (19-Jill Roord 46′)

Pelatih: Sarina Wiegman

Swedia: 1-Hedvig Lindahl; 4-Hanna Glas, 5-Nilla Fischer, 3-Linda Sembrandt, 6-Magdalena Eriksson (2-Jonna Andersson 111′); 23-Elin Rubensson (16-Julia Zigiotti 78′), 9-Kosovare Asllani, 17-Caroline Seger; 10-Sofia Jakobsson, 11-Stina Blackstenius (20-Mimmi Larsson 111′), 8-Lina Hurtig (7-Madelen Janogy 79′)

Pelatih: Peter Gerhardsson

Kartu Kuning: Spitse 85′ Van de Donk 116′  – Zigiotti 94′

Comments
Loading...