Belanda Tunjuk Dick Advocaat dan Ruud Gullit Jadi Pelatih Baru

Football5star.com, Indonesia – Dick Advocaat ditunjuk menjadi pelatih baru tim nasional Belanda. Dengan demikian, dia kembali ke tim Orange untuk menjalani masa kerja ketiga sebagai nakhoda tim dan mendapat tugas untuk menyelamatkan perjalanan Belanda dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pria 69 tahun itu, yang menjadi pelatih paling tua untuk timnas negara tersebut, akan didampingi Ruud Gullit sebagai asisten. Advocaat akan meninggalkan klub Turki Fenerbahce pada akhir kontrak musim ini untuk kembali ke timnas sejak ia memimpin Belanda ke semifinal Piala Eropa 2004.

“Saya menyambut hangat penunjukkan Advocaat dan Gullit,” kata direktur teknik Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Hans van Breukelen, pada konferensi pers.

“Ada dua skenario. Kami memiliki opsi jangka panjang atau kami melakukan segalanya untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Kami memilih skenario kedua,” lanjut mantan penjaga gawang timnas ini.

Belanda mencari pelatih baru setelah memecat Danny Blind pada akhir Maret 2017. Langkah ini diambil setelah mereka berada dalam situasi kritis dan terancam tidak lolos ke Piala Dunia 2018.

Saat ini Belanda menempati peringkat keempat klasemen sementara Grup G pada babak kualifikasi dengan mengantongi tujuh poin, terpaut enam dari Prancis di puncak. Karena itu, Negeri Kincir Angin tersebut wajib menyapu kemenangan dalam lima laga tersisa.

Pengalaman Advocaat sangat dibutuhkan untuk menguak asa Belanda. Pelatih kelahiran Den Haag tersebut pernah dua kali membesut Belanda yakni pada 1992-1994 dan 2002-2004, serta tiga kali berperan sebagai asisten pelatih.

advocaatBelandaRuud Gullit