Beli Saham Usmanov, Kroenke Jadi Pemilik Tunggal Arsenal

Banner Footbal Live Star-Football5star

 

Football5star.com, Indonesia – Revolusi Arsenal pada musim 2018-2019 tidak hanya terjadi dari segi skuatnya saja. Di sisi pemegang saham pun, mereka melakukan perubahan besar setelah Stan Kroenke membeli saham milik koleganya, Alisher Usmanov.

Seperti yang diketahui, baik Kroenke dan Usmanov sama-sama memiliki saham Arsenal. Tapi nama pertama tercatat sebagai pemegang saham mayoritas dengan memiliki 41.721 lembar atau 67 persen.

Sedangkan Usmanov hanya memiliki 18.695 lembar saham atau setara 30 persen. Padahal pengusaha kelahiran Uzbekistan itu sudah menjadi petinggi The Gunners sejak 2007 lalu.

Alisher Usmanov tak mau melepas sahamnya di Arsenal kepada Stan Kroenke.
ap.com

Setelah melakukan negosiasi panjang, Kroenke melalui perusahaan miliknya bernama Kroenke Sport Entertainment (KSE) membeli saham yang dimiliki Usmanov seharga 540 juta pounds. Kepastian ini bahkan sudah diumumkan oleh London Stock Exchange pada Selasa (7/8/2018).

“KSE sudah melakukan langkah maju dengan melakukan penawaran untuk memiliki klub 100 persen. Kami sangat mengapresiasi dedikasi dan pekerjaan Usmanov di Arsenal. Sejak 2011, klub telah melakukan investasi seperti transfer besar, analisis, dan pekerjaan di luar lapangan. Klub berharap bisa membangun sesuatu,” kata Kroenke seperti dikutip dari BBC.

Keputusan Kroenke ini diyakini akan mengembalikan Arsenal ke era keemasannya seperti beberapa tahun lalu. Maklum saja, selama ini ia lebih sering terlibat konflik dengan Usmanov.

Bahkan Usmanov beberapa kali ingin memiliki saham Arsenal secara penuh. Banyak yang menduga ia kecewa dengan kebijakan transfer yang dilakukan The Gunners selama dipimpin oleh Kroenke.