Berapa Modal untuk Lengkapi Album Panini Piala Dunia?

Football5Star.com, Indonesia – Panini sudah merilis album stiker edisi Piala Dunia 2018. Terlepas dari sejumlah keganjilan seperti ketiadaan Marco Reus di skuat Jerman dan wajah Phil Jones yang berubah drastis, album stiker ini tetap jadi buruan penggemarnya. Lalu, berapa modal yang harus dikeluarkan guna melengkapi 682 stiker untuk album itu?

Seorang profesor bidang matematika di Inggris baru-baru ini telah melakukan penghitungan terkait hal tersebut. Paul Harper, sang profesor yang berasal dari Universitas Cardiff, menyatakan seseorang harus mengeluarkan 773,6 pounds (sekitar Rp15 juta) untuk melengkapi album Piala Dunia 2018.

Halaman Rusia di Album Panini Piala Dunia 2018.
standard.co.uk

Hal itu didasarkan pada teori probabilitas. Berdasarkan kalkulasinya, seorang kolektor membutuhkan 967 pak atau 4.832 stiker untuk menemukan semua pemain, pelatih, dan stadion yang ada di album Panini. Adapun harga per pak yang berisi lima stiker adalah 80 sen.

Andaipun dilakukan kerjasama oleh 10 kolektor, Harper menyebutkan, setiap orang tetap saja harus mengeluarkan uang 427 pounds (sekitar Rp4,8 juta). Adapun orang yang paling beruntung karena hanya akan perlu mengeluarkan uang 109 pounds (sekitar Rp2,1 juta). Itu bila dia tak mendapatkan striker ganda.

“Saya masih bisa mengingat kegembiraan saat berhasil melengkapi album Panini pertama saya saat masih kecil di Piala Dunia 1982,” seloroh Harper, Kamis (29/3/2018), seperti dikutip Football5Star.com dari The Telegraph. “Saya harus memiliki banyak uang untuk melakukan ini, juga memiliki orang tua yang dermawan, juga negosiasi alot dalam bertukar dengan teman.”

Seiring jumlah tim peserta yang kian bertambah, secara otomatis biaya untuk melengkapi album stiker Panini edisi Piala Dunia kian mahal. “Sejak itu (1982), melengkapi album kian mahal saja dari tahun ke tahun. Bukan hanya karena lebih banyak tim peserta, melainkan juga Panini yang kian kreatif dalam alokasi tempat,” terang dia lagi.


FOOTBALL LIVE STAR

Saksikan ulasan berita-berita seputar sepak bola dalam program “FOOTBALL LIVE STAR” yang tayang setiap Selasa dan Jumat pukul 19.00 WIB. Program ini dapat disaksikan di page resmi Facebook Football5Star, https://www.facebook.com/football5star. Don’t Miss It!

Comments
Loading...