Berebut Harta Kekayaan Diego Maradona, Siapa yang Dapat?

Football5star.com, Indonesia – Diego Maradona meninggal tidak hanya menorehkan tinta emas di sepak bola. Babak baru akan muncul pasca wafatnya sang legenda yakni persoalan siapa yang berhak untuk mendapatkan warisan Maradona.

Seperti diketahui, Maradona memiliki cerita kurang baik jika bicara soal keturunan. Secara resmi, anak dari Diego Maradona berjumlah lima orang, mereka adalah Diego Junior (34 tahun), Jana (23 tahun), Dalma (32 tahun), Gianina (30 tahun) dan si bungsu Diego Fernando yang baru berusia 7 tahun.

Namun dalam beberapa tahun ke belakang muncul lima orang lagi yang mengaku sebagai darah daging legenda Napoli tersebut. Tiga anak berasal dari Kuba, Joana, Lu, dan Javielito. Lalu ada dua nama lagi yakni, Magali Gil dan Santiago Lara. Kemunculan lima anak yang mengaku darah daging Maradona sudah menjadi kontroversi tersendiri.

Gianina Maradona misalnya beberapa waktu lalu saat sebelum sang ayah wafat sempat mengerluarkan rasa tidak sukanya terhadap kondisi ini. ‘

“Hanya tiga lagi yang dibutuhkan untuk menjadi tim sepak bola. Ayo, Anda bisa melakukannya!!” ucap Giannina dengan nada tinggi di acara televisi Argentina.

Perjuangan untuk diakui

Belakangan nama Magali Gil dikabarkan sudah diakui sebagai anak sah dari Maradona. Seperti dikutip Football5star.com dari rionegro.com, Sabtu (28/11/2020) di program tv Intrusos, Magali mengaku gugatan hukumnya kepada Maradona sudah disahkan oleh pengadilan pada April lalu.

Namun keputusan itu belum berkekuatan hukum tetap karena Magali belum menjalani tes DNA. “Sayangnya kami masih belum bisa menentukan tanggal untuk tes DNA,” ucap Magali kepada jurnalis Argentina, Tomas Dente.

AS

Magali sebenarnya bukan orang pertama yang mengaku sebagai anak sang legenda. Beberapa tahun lalu, seorang pria muda bernama Santiago Lara muncul di televisi dan mengaku bahwa ayahnya adalah Maradona.

Ibu dari Lara adalah seorang pelayan dan bernama Natalia Garat. Natalia sudah meninggal dunia pada 2006 akibat penyakit kanker paru-paru. Sejak kecil, Santiago diasuh oleh pacar ibunya, Marcelo Lara.

“Saya telah diberitahu bahwa ayah kandung saya adalah Diego Maradona. Ayah saya akan selalu Marcelo Lara, tetapi yang saya dengar dari ibu saya, Diego Maradona adalah ayah kandung saya,”

“Saya sempat berpikir, saya memiliki wajah yang sama dengannya, rambut ikat, dan semuanya. Sedangkan saat saya melihat Marcelo, kami sangat berbeda. Tidak mudah bangun di pagi hari dengan perasaan seperti ini,” ucap Santiago.

Pengacara dari ketiga anak di Kuba bahkan sempat mengatakan akan banyak bermunculan orang-orang yang mengaku anak Maradona di negara tersebut. Satu dari tiga anak di Kuba sendiri pernah bertemu Maradona saat ia datang ke pemakaman Fidel Castro.

Siapa yang berhak dapat warisan Maradona

Sejumlah media Argentina menyoroti persoalan siapa yang paling berhak mendapat warisan dari sang legenda. Maradona sendiri diketahui memiliki harta kekayaan yang cukup banyak.

Sepanjang kariernya, dia pernah dua kali memecahkan rekor transfer. Pada 1981, dia dibeli Boca Juniors senilai 4 juta dolar AS. Setahun bermain, Barcelona meliriknya dan menebus pemain itu dengan nilai rekor transfer 7,6 juta dolar AS.

rionegro.com

Lalu saat dibeli Napoli, ia ditebus dengan harga sebesar 10,5 juta dolar AS. Sejumlah media Argentina juga menyebut Maradona saat menjadi pelatih tim Tango mendapat bayaran 1,2 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 12,24 miliar

Sayangnya Maradona pun dikenal sebagai orang yang gemar dengan hidup mewah. Hal ini yang membuat kekayaan Maradona diprediksi tidak terlalu besar. Bahkan beberapa waktu lalu, otoritas pajak Italia sempat menuntut sang legenda pembayaraan pajak sebesar 42 juta poundsterling. Ini nilai pajak yang belum dibayar Maradona saat main di Napoli.

Maradona sendiri beberapa bulan lalu saat dirinya jatuh sakit sempat menegaskan bahwa tidak satu pun anak-anaknya yang berhak mendapatkan harta kekayaannya jika ia wafat.

“Yang saya tahu adalah seiring bertambahnya usia, orang lebih mengkhawatirkan apa yang akan Anda tinggalkan daripada yang Anda lakukan,” kata Maradona.

“Saya beri tahu Anda semua bahwa saya tidak akan meninggalkan apapun, bahwa saya akan menyumbangkannya semua. Saya tidak akan memberikan semua yang saya peroleh dengan berlari di lapangan hijau kepada Anda semua. Saya akan menyumbangkannya,” tegas Maradona.

Diego MaradonaEntertainment