Berikan Empat Penalti, Wasit di Maroko Dihukum Seumur Hidup

Football5Star.com, Indonesia – Tindakan tegas diambil Asosiasi Sepak Bola Maroko terkait dugaan pengaturan skor. Senin (23/12/2019), mereka resmi menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada wasit Hicham Tiazi yang memberikan empat penalti pada laga yang berlangsung pada 21 Desember lalu.

Hicham Tiazi bertugas memimpin laga Olympique Khouribga vs Youssoufia de Berrechid pada Liga Maroko, akhir pekan lalu. Laga tersebut dimenangi tuan rumah dengan skor 4-1. Empat dari lima gol pada laga itu berasal dari penalti yang diberikan sang wasit. Beberapa di antaranya diperdebatkan karena dinilai bukan pelanggaran yang pantas dihukum penalti.

Asosiasi Sepak Bola Maroko bertindak sigap. Mereka langsung melakukan investigasi. Dalam waktu dua hari, putusan dibuat. Penalti-penalti yang dibuat Hicham Tiazi dinyatakan mempengaruhi hasil akhir. Sang wasit pun dijatuhi hukuman seumur hidup tak boleh memimpin pertandingan pada semua level kompetisi di negeri asal Medhi Benatia itu.

Penalti pertama diberikan Hicham Tiazi bagi Berrechid saat pertandingan Liga Maroko itu berjalan 11 menit setelah terjadi pelanggaran terhadap Heritier Luvumbu. Zakaria Fati sukses memperdaya kiper Khouribga, Mohamed Ferni.

Selanjutnya, tiga penalti beruntun dihadiahkan sang wasit kepada tuan rumah yang dieksekusi sempurna oleh Reda Hajhouj pada menit ke-26, 45, dan 56. Dua penalti terakhir diberikan setelah Hajhouj dilanggar pemain lawan di kotak terlarang. Total empat penalti dalam satu laga itu tentu saja jadi buah bibir di Maroko.

Memberikan penalti sepertinya sudah menjadi hobi bagi Hicham Tiazi. Dalam lima musim terakhir kiprahnya di Botola Pro, divisi teratas kompetisi sepak bola Maroko, dia setidaknya sekali menunjuk titik putih. Total, 14 penalti yang diberikannya. Bahkan, pada tiga musim terakhir, dia memberikan 10 penalti dalam 14 pertandingan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More