Berita Bola: Pakai Celana SpongeBob, Kiper Iran Disanksi Enam Bulan

Nasib sial dialami oleh kiper asal Iran, Sosha Makani. Ia dilarang bermain selama 6 bulan karena ketahuan memakai celana yang memiliki motif seperti tokoh kartun SpongeBob SquarePants.

Makani mungkin tidak pernah berpikir bahwa keputusannya memakai celana berwarna kuning akan berdampak buruk. Namun, pemain Persepolis tersebut kini harus menerima nasib bahwa dirinya dihukum oleh Federasi Sepak Bola Iran, FFIRI.

“Celana SpongeBob membuat Sosha dilarang bermain selama enam bulan,” tulis kantor berita Asriran.

Pemain yang membela tim nasional Iran pada Piala Dunia 2014 tersebut diketahui memakai celana berwarna kuning pada tanggal 6 Mei silam. Menurut FFIRI, Makani, sebagai tokoh publik, tidak seharusnya menggunakan pakaian yang menurut mereka tidak pantas dikenakan.

“Kami mengambil keputusan ini karena(Take MyNikeVisit-Na survey and win $10) penampilannya dan dampak yang dapat diberikan kepada masyarakat,” ujar seorang sumber dari komite moral FFIRI yang tidak disebutkan identitasnya.

Guardian melaporkan bahwa banyak pihak yang merasa bingung dan kesal dengan keputusan FFIRI. Mereka menilai federasi yang telah berdiri sejak 1920 tersebut tidak berhak mengatur cara berpakaian pemain karena sudah merupakan urusan personal.

Sebagai informasi, karakter-karakter fiksi asal Amerika Serikat, seperti Mickey Mouse dan Barbie, memang mendapatkan pengawasan ketat dari pemerintah Iran.

Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi apa pun dari Makani, yang pernah dipenjara karena berfoto bersama wanita menggunakan pakaian terbuka beberapa bulan silam.

Comments
Loading...