Berita Bola: Debut Impian Tom Heaton Bersama Timnas Inggris

Tom Heaton memang hanya tampil kurang dari lima menit saat Timnas Inggris menang 2-1 atas Australia pada laga uji coba di Stadium of Light, Sabtu (28/5) dini hari WIB. Meski begitu, kiper asal klub Burnley itu tetap kegirangan.Pasalnya, laga itu menjadi debut Heaton bersama The Three Lions.

Selama ini, dia memang sudah beberapa kali dipanggil masuk skuat asuhan Roy Hodgson, tapi baru kali ini mendapat kesempatan bermain. Heaton masuk sebagai pengganti kiper utama, Fraser Forster, pada menit ke-87. Saat itu, Inggris dalam posisi unggul 2-1 Dengan Heaton di bawah mistar gawang, Australia tak sanggup menambah gol. Dengan demikian, Heaton bisa mencatat clean-sheet pada debutnya meski hanya beberapa menit tampil.

“Puas, saya sangat puas bisa mendapatkan penamipilan perdana. Itu seperti perjalanan panjang dan berat buat saya. Roy sudah berpikir banyak untuk membuat putusan, dan saya tahu ada peluang mendapatkan debut. Sangat luar biasa, momen besar. Saya merasa siap, lagipula saya sudah berada di tim selama kurang lebih setahun,” bilang Heaton kepada BBC Sport.

Meski Hodgson masih akan memangkas 26 nama di skuatnya menjadi 23 yang dibawa ke Prancis untuk Euro 2016, posisi Heaton terbilang aman. Pasalnya, kiper berumur 30 tahun itu satu dari tiga kiper yang ada di tim. Biasanya, sebuah negara memang membawa tiga kiper untuk turnamen seperti Piala Eropa atau Piala Dunia.

Meski demikian, peluang Heaton untuk tampil di Piala Eropa 2016 agaknya kecil. Dia hanya akan menjadi opsi ketiga Hodgson setelah Joe Hart dan Fraser Forster. Heaton pun cukup beruntung karena Jack Butland tak bisa tampil di Piala Eropa 2016 akibat cedera bersama Stoke City.

“Ini adalah tantangan yang bagus. Ini mimpi yang menjadi kenyataan. Ada lingkungan yang luar biasa di sini. Joe Hart sedang menunggu saya ketika saya keluar lapangan,” pungkas dia.