Berita Bola: Del Bosque Menilai Guardiola Paling Cocok Jadi Pelatih Timnas Spanyol

Selepas pengunduran diri Vicente Del Bosque, tim nasional Spanyol masih belum memiliki pelatih. Nama Julen Lopetegue sempat muncul sebagai kandidat terkuat. Namun, Del Bosque justru melihat Josep Guardiola yang paling cocok.

Menurutnya, manajer anyar Manchester City tersebut punya karisma dan kemampuan untuk membawa Spanyol berjaya.

“Guardiola adalah pelatih terbaik dunia saat ini, tidak ada keraguan tentang hal itu. Dia punya kapasitas yang sangat baik untuk menjadi pelatih Spanyol,” ucap Del Bosque seperti dikutip Four Four Two.

Namun, Del Bosque tentu tak bisa memaksa Guardiola untuk menangani Spanyol saat ini. Hal tersebut mengingat mantan pelatih Barcelona tersebut baru saja bergabung dengan Man. City.

“Pada masa lalu, kami membawa pelatih dari luar negeri. Sekarang pelatih kami adalah orang-orang yang bergerak di luar negeri. Kami bangga punya Guardiola. Kami tak pernah membayangkan ini beberapa tahun yang lalu,” sebut dia.

Guardiola bisa saja menjadi arsitek La Furia Roja meski berasal dari Catalunya. Kata Del Bosque, itu tak akan jadi masalah.

“Saya tidak melihat alasan mengapa Guardiola tidak bisa melatih Spanyol. Tentu saja, dia orang Catalunya, tetapi apakah itu bukan tugas kami untuk menyatukan orang? Ini akan menjadi besar jika sepakbola bisa membantu membawa Catalunya dan sisanya dari negara yang lebih dekat lagi,” tandas dia.

Del Bosque sendiri mengundurkan diri sebagai bos Spanyol setelah gagal di Piala Eropa 2016. Padahal, dia berhasil membawa La Furia Roja juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Comments
Loading...