Berita Bola: Final Kelima Timnas Indonesia di Piala AFF

Football5star, Indonesia – Timnas Indonesia berhasil menjejaki final kelimanya di ajang Piala AFF. Akankah penantian ‘Merah Putih’ akan gelar juara bisa tuntas kali ini?

Indonesia melaju ke final Piala AFF 2016 usai bermain imbang 2-2 dengan Vietnam di leg kedua semifinal yang dihelat di My Dinh Stadium, Hanoi, Rabu (7/12/2016) semalam.

Unggul duluan lewat gol Stefano Lilipaly, Indonesia dipaksa memainkan babak extra time setelah Vietnam mencetak dua gol balasan. Penalti Manahati Lestusen di babak pertama extra time tak mampu dibalas Vietnam.

Sorak sorai gembira di bangku cadangan Indonesia ketika peluit panjang berbunyi dan Indonesia pun berhasil melaju ke final usai menang agregat 4-3.

Bagi Indonesia ini adalah peningkatan prestasi setidaknya setelah gagal lolos fase grup di dua edisi terakhir, yakni 2012 dan 2014. Ini adalah final kedua Indonesia dalam empat edisi terakhir, termasuk 2010 yang juga dilatih Alfred Riedl.

Melaju ke final Piala AFF bukan sesuatu yang baru bagi Indonesia karena mereka sudah empat kali melakoni hal serupa yakni di tahun 2000, 2002, 2004, dan 2010. Namun, akhir ceritanya selalu sama yakni kekalahan.

Dua kali kalah dari Thailand di final 2000 dan 2002, lalu ditumbangkan Singapura di 2004 serta digasak Malaysia enam tahun silam.

Indonesia tentu ingin menyudahi rekor buruknya tersebut di final kali ini meski boleh dibilangnya lawannya tak main-main, (kemungkinan besar) Thailand yang merupakan juara bertahan. Pasalnya Thailand sudah menang 2-0 atas Myanmar di leg pertama.

“Thailand lawan yang sulit. Mereka tim yang bagus. Tapi, seperti yang Anda lihat, kami bisa mengalahkan siapapun,” ucap Lilipaly usai pertandingan seperti dikutip situs resmi AFF.

Indonesia akan jadi tuan rumah lebih dulu pada 14 Desember mendatang sebelum gantian tandang pada 17 Desember ke Thailand atau Myanmar.

Comments
Loading...