Berita Bola: Geliat Sepak Bola Cina Justru Memunculkan Dilema

Football5star.com, Indonesia – Chinese Super League kembali menjadi sorotan usai kepastian Shanghai SIPG merekrut bintang Brasil, Oscar.

Namun, geliat transfer di Chinese Super League ini malah membuat dilema melanda, lantaran bisa menghambat munculnya pemain lokal. Selain itu, beban keuangan klub-klub pun akan melonjak.

Beberapa tahun terakhir, klub-klub di Chinese Super League memang mendatangkan pemain kelas dunia. Para klub di sana tak segan memberikan gaji dan biaya transfer selangit. Oscar contohnya, ditransfer mencapai 60 juta pounds dari Chelsea.

Hal ini memaksa Asosiasi Sepak bola Cina (CFA) mulai memberlakukan aturan ketat. Mereka mengusulkan untuk membatasi kouta pemain asing non-Asia untuk musim depan.

“Sebenarnya ada beberapa kekhawatiran di masyarakat Tiongkok soal investasi besar-besaran klub. Kedatangan pemain kelas dunia bisa saja mematikan pemain lokal,” tulis pernyataan CFA dikutip dari FourFourTwo.

“Memang, kedatangan pemain itu sangat menambah semarak dan menarik liga Tiongkok. Namun mereka bisa menjadi beban keuangan klub,” lanjut pernyataan tersebut.

CFA sendiri mengusulkan, klub Tiongkok hanya diperbolehkan memiliki tiga pemain non-Asia pada musim depan. Sebab, saat ini formula 4+1 dinilai merugikan.

“Kami membuat sistem ini bukan untuk mengekang klub, melainkan melindungi keuangan klub dengan menerapkan penyesuaian pemain asing,” tandas mereka.