Berita Bola: Griezmann Pimpin Persaingan Memburu Gelar Top Skorer Piala Eropa 2016

Satu laga tersisa di Piala Eropa 2016, lima pemain masih memburu status top skorer. Striker Prancis, Antoine Griezmann, berada di urutan terdepan dalam perlombaan itu berkat torehan 6 gol.

Griezmann masih menjadi pencetak gol terbanyak hingga babak semifinal Piala Eropa 2016. Namun tak cuma itu. Dia juga tercatat paling efektif dibanding beberapa pesaingnya yang terpaut nyaris separuh jumlah golnya.

Pemain asal klub Atletico Madrid itu mampu mencatat 6 gol dan 2 assists dengan hanya 435 menit berada di lapangan. Enam gol itu dilesakkan dari total 22 tembakan (12 on target). Dengan demikian, jika koleksi 6 gol mampu disamai Ronaldo, Griezmann tetap berhak berada di urutan teratas.

Jumlah waktu bermainnya pun lebih sedikit dari kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, yang mencatat 3 gol dan 3 assists dari 600 menit penampilan.

Selain Ronaldo, lima pemain lain yang juga sudah mengoleksi 3 gol masing-masing Olivier Giroud (3 gol dan 2 assists), Dimitri Payet (3 gol dan 2 assists), Gareth Bale (3 gol dan 1 assist), Luis Nani (3 gol dan 1 assist), serta Alvaro Morata (3 gol).

Griezmann terdepan, diikuti dan Ronaldo, tapi masih ada nama lain berpeluang menambah gol pada partai final yang mempertemukan Portugal vs Prancis di Stade de France, Saint-Denis, Senin (11/7) dini hari WIB.

Giroud dan Payet masih akan tampil bersama Prancis di laga puncak, pun Nani bersama Portugal. Sementara, Bale bersama Wales sudah tersingkir di babak semifinal oleh Portugal, pun Alvaro Morata yang bahkan sudah angkat koper sejak babak 16-besar.

Griezmann tentu paling berpeluang besar merebut status top skorer Piala Eropa 2016. Selain jumlah gol dan efektivitasnya, sejarah mencatat pemain yang sudah mencetak 5 gol atau lebih selalu keluar sebagai top skorer di Piala Eropa.

Lebih elok lagi jika Griezmann bisa menyandingkan gelar top skorer dan juga trofi juara Euro 2016 bersama Les Bleus. Bermain di rumah sendiri akan menjadi keuntungan mereka, seperti kala menjuarai Piala Eropa 1984.

Pada 1984, Prancis menjadi juara dengan Michel Platini keluar sebagai top skorer berkat torehan 9 gol. Jika Griezmann sukses mencatat hat-trick pada laga final Euro 2016, dia sekaligus menyamai prestasi Platini.

Bahkan, jika sukses membawa Prancis juara dan meraih gelar top skorer, bukan mustahil Griezmann akan masuk sebagai salah satu nomine peraih penghargaan Ballon d’Or 2016.

“Selalu tentang Messi dan Ronaldo. Jika Griezmann bisa menjadi salah satu kandidat, itu akan sangat bagus,” ucap Pelatih Prancis, Didier Deschamps.

Comments
Loading...