Berita Bola: Jelang Memimpin Final Liga Champions, Clattenburg Konsultasi ke Kuipers

Jelang memimpin partai final Liga Champions musim 2015-16 antara Real Madrid kontra Atletico Madrid, Minggu (29/5) dini hari WIB, wasit Mark Clattenburg pun sudah melakukan beberapa hal khusus.

Hal pertama yang dilakukan wasit asal Inggris itu adalah menonton video rekaman pertandingan antara Real Madrid kontra Atletico Madrid pada final dua musim lalu di Lisbon. Bahkan, dia menontonnya sampai dua hingga tiga kali.

Sementara, hal kedua adalah dengan berkonsultasi dengan wasit yang memimpin laga final musim 2013-14, Bjorn Kuipers.

“Saya telah menyaksikan (rekaman pertandingan) dua atau tiga kali sejauh ini dan saya juga sudah bicara dengan Bjorn Kuipers tentang semua hal yang terjadi pada final, untuk agar saya siap menghadapi laga kali ini,” katanya disitus resmi UEFA.

Selain itu, Clattenburg juga menonton rekaman pertandingan yang mempertemukan kedua tim di pentas Divisi Primera.

“Saya juga sudah menonton dua pertemuan antara kedua klub di liga pada tahun ini karena salah satu pelatih telah berganti dari 2014, sehingga memberi kita informasi sebanyak mungkin untuk berbagi dengan tim,” imbuhnya.

Wasit yang juga baru memimpin laga final Piala FA antara Manchester United verus Crystal Palace ini juga mengaku sudah siap menghadapi partai final.

“Pekerjaan saya sebagai ‘manajer’ dari tim wasit, jika Anda suka, adalah untuk memastikan bahwa setiap orang tetap tenang dan bahwa kita saling mendukung selama pertandingan. Bagi kami semua, ini adalah sebuah adalah kehormatan besar. Tapi sekarang kami ingin memastikan bahwa 90 menit, atau 120 menit, berjalan sebaik mungkin,” tutur wasit berusia 41 tahun itu.

“Setelah memimpin laga semifinal, saya tak menyangka ditunjuk untuk mengawal final juga. Tapi, sejujurnya saya bangga,” pungkasnya.