Berita Bola: Kartu Merah Jones Membuat Klinsmann Meradang

Amerika Serikat berhasil melaju ke semifinal Copa America Centenario. Namun, mereka mesti kehilangan Jermaine Jones karena kartu merah. Kejadian itu membuat pelatihnya, Juergen Klinsmann, kesal.

The Stars and The Stripes memenangi laga perempat final melawan Ekuador dengan skor 2-1 pada Jumat (17/6). Laga itu diwarnai oleh dua kartu merah yang dikeluarkan oleh wasit Wilmar Roldan. Satu kartu merah ditujukan kepada pemain AS, Jermaine Jones, dan satu lagi untuk pemain Ekuador, Antonio Valencia.

Pengusiran tersebut dilakukan oleh Roldan dalam waktu bersamaan, yakni pada menit ke-51. Pemicunya adalah terjangan keras Valencia ke Alejandro Bedoya berbuah kartu kuning kedua. Namun, Jones berang terhadap aksi Valencia. Dia akhirnya malah terlibat konfrontasi dengan Michael Arroyo sehingga diusir wasit.

Atas tindakan wasit tersebut, Klinsmann sangat berang. Dia begitu marah karena menilai wasit tidak seharusnya mengeluarkan kartu merah untuk Jones.

“Ini sangatlah konyol,” kata Klinsmann. “Saya ada di sana dan asisten wasit keempat yang membuat putusan, bukan wasit.”

Menurut Klinsmann, putusan Roldan salah karena tidak melihat kejadian dengan mata kepalanya sendiri. Roldan akhirnya hanya mendasarkan putusannya kepada laporan asisten wasit keempat.

“Wasit tidak melihatnya. Dia hanya mengikuti saran wasit keempat di sana. Keputusan seperti itu sangat memalukan,” kata Klinsmann.

Klinsmann pantas berang. Kartu merah Jones membuat dia mesti kehilangan tiga pemain dalam laga semifinal nanti. Selain Jones, AS sudah dipastikan tidak bakal diperkuat oleh Bedoya dan Bobby Wood yang terkena hukuman akumulasi kartu. Padahal, The Stars and The Stripes dijadwalkan akan bertemu antara Argentina atau Venezeula dalam babak tersebut.