Berita Bola: Koleksi Trofi Liga Champions Klub Spanyol Semakin Berlimpah

Dominasi Real Madrid di Liga Champions berarti kejayaan Spanyol. Berkat raihan gelar ke-11 Madrid di Liga Champions, Spanyol kini paling banyak mengumpulkan trofi juara Liga Champions.

Meski Italia acap kali dianggap sebagai negara dengan tradisi sepak bola yang kuat, atau Inggris sebagai penemu olahraga si kulit bulat, nyatanya Spanyol yang di atas kertas lebih berjaya.

All-Spanish final pada Liga Champions 2015-16 semakin mempertegas kehebatan Spanyol di kancah sepak bola Eropa. Diiringi kemenangan Real Madrid atas Atletico Madrid dalam drama adu penalti dengan skor 5-3 di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (29/5) dini hari, Spanyol pun berpesta.

Dengan kehadiran Madrid dan Atletico di partai puncak itu, berarti Spanyol sudah menyumbang 27 finalis di pentas Liga Champions (sebelumnya bernama European Cup/Piala Champions).

Tak cuma dalam hal status sebagai finalis, trofi juara juga banyak dikumpulkan tim asal Spanyol, yakni 16 gelar juara. Di bawah mereka, bercokol Italia dengan 12 trofi juara (15 runner-up), Inggris dengan 12 titel juara (7 runner-up), Jerman dengan 7 gelar juara (10 runner-up), dan Belandang dengan 6 kali juara (2 runner-up).

Setidaknya, tiga tahun terakhir pun trofi juara Liga Champions tak beranjak dari Spanyol. Dimulai saat Madrid mengalahkan Atletico pada final 2014 di Lisbon, lalu Barcelona mengandaskan Juventus di Olympiastadion, Berlin, setahun setelahnya.

Kini, Madrid melanjutkan tren positif Spanyol dengan kembali mempecundangi rival sekotanya dalam drama adu penalti di Kota Milan. Fakta itu pun sudah menjadi sejarah. Baru sekarang terjadi trofi Liga Champions bertahan di negara yang sama dalam tiga tahun beruntun selama era Liga Champions.

Mengerucut sejak era Liga Champions pada musim 1992-93, Spanyol juga tetap mendominasi dengan 9 titel juara dari 14 kali di final. Italia tetap berada di urutan kedua dengan 5 gelar juara dari total 12 kali berada di final, dan Inggris yang mengumpulkan 4 trofi dari 9 kali final.

Comments
Loading...