Berita Bola: Kreator Trofi Piala Dunia Wafat Pada Usia 95 Tahun

Football5star.com, Indonesia – Berita dukacita. Silvio Gazzaniga, yang dikenal sebagai pencipta trofi Piala Dunia, meninggal dunia dalam usia 95 tahun pada Selasa (1/11).

Nama Gazzaniga memang dikenal luas di kalangan pencinta sepak bola sebagai kreator trofi paling bergengsi untuk turnamen antarnegara sedunia. Hanya berjarak lima tahun dari usia seabad, Gazzaniga akhirnya pergi meninggalkan warisan bersejarah untuk jagat sepak bola.

“Dia pergi tidur pada malam kemarin dan pagi ini kami menyadari bahwa dirinya sudah tak bernapas,” ucap putra Gazzaniga, Giorgio, kepada Sport Mediaset.

Pada 1971, kehidupan Gazzaniga sebagai pemahat profesional berubah 180 derajat. Setelah Brasil memenangi Piala Dunia untuk ketiga kalinya pada turnamen yang digelar di Meksiko 1970, FIFA mengeluarkan berencana membuat trofi piala dunia yang baru pengganti piala Jules Rimet.

Karya Gazzaniga akhirnya terpilih dari 53 desain seniman yang ikut serta. Desainnya dipilih oleh komite FIFA pada 5 April 1971. Trofi tersebut berukuran 36 cm, berat 4,97 kg dan terbuat dari emas murni 18-karat. Dua perunggu batu cincin semimulia menghiasi piala tersebut.

Trofi baru tersebut menggambarkan sukacita, pemujaan dan kebesaran atlet pada saat kemenangan yang digambarkan dengan dua sosok bergaya yang memegang dunia tinggi-tinggi. Gazzaniga mencapai titik tertinggi dalam kariernya di dunia seni pahat dan sukses dengan penciptaan piala ini.

“Saya sangat bangga dengan desain saya dan hasilnya. Namun, jujur saya tak menyangka rancangan tersebut akan sesukses ini,” kata Gazzaniga, yang merupakan suporter AC Milan, seperti dikutip dari situs Narrative pada Juni 2014.

Gazzaniga pun mendapat julukan “Il Papa della Coppa del Mondo” alias “Sang Ayah Trofi Piala Dunia”. Selain itu, dia juga merupakan perancang trofi Piala UEFA (1972), tropi Piala Super Eropa (1973), Piala Eropa U-21, dan Piala Dunia Baseball (2001).

“Saya ikut berduka untuk Silvio Gazzaniga. Orang ini merancang trofi yang memberikan saya momen paling membanggakan dalam dunia olahraga,” ucap mantan bek sayap Brasil, Cafu, yang pernah mencicipi mengangkat trofi kreasi Gazzaniga saat membawa Brasil juara pada Piala Dunia 2002.

Comments
Loading...