Berita Bola: Lopetegui Takkan Sia-siakan Peninggalan Del Bosque

Meski gagal di dua turnamen besar terakhirnya, Vicente del Bosque mewariskan tim Spanyol yang punya materi luar biasa. Oleh karenanya, Julen Lopetegui sebagai penerus tak akan menyia-nyiakannya.

Del Bosque mulai melatih Spanyol pada 2008, menggantikan Luis Aragones yang mundur usai menjadi juara Piala Eropa di tahun yang sama. Bersama Del Bosque, Spanyol meraih pencapaian yang lebih tinggi lagi, yakni jadi juara dunia 2010 dan juara Piala Eropa 2012.

Tiga titel mayor beruntun membuat Spanyol dinobatkan sebagai tim terbaik sampai di Piala Dunia 2014 lalu, era negara tersebut dianggap sudah habis karena tersingkir di fase grup turnamen tersebut yang berlanjut disingkirkan Italia di babak 16 besar Piala Eropa lalu.

Tugas berat tentunya bagi Lopetegui untuk menggantikan peran Del Bosque. Maka dari itu, Lopetegui berharap bisa mencapai yang lebih baik lagi daripada pendahulunya tersebut dengan peninggalan skuat ‘Tim Matador’ saat ini.

Lopetegui sebenarnya punya modal bagus karena dia berpengalaman di berbagai level timnas Spanyol usia muda dengan pencapaian terbaiknya, menjuarai Piala Eropa U-19 dan U-21.

“Kami akan berusaha untuk memanfaatkan semua hal baik yang sudah dia (Del Bosque) lakukan untuk sepakbola Spanyol selama bertahun-tahun. Kami tidak akan menyia-nyiakan banyak hal indah yang sudah diberikan tim ini kepada kami,” ujar Lopetegui dalam konferensi pers pertamanya sebagai pelatih Spanyol.

“Sepakbola tidak berhenti, tidak hidup di masa lalu. Kami sangat bangga dengan masa lalu, tapi kami melihat masa sekarang dan masa depan,” sambungnya seperti dilansir Soccerway.

“Tidak ada cermin yang lebih baik untuk dilihat ketimbang Vicente del Bosque. Dia sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan meninggalkan standar yang sangat tinggi. Kami menyadari hal itu,” tutup Lopetegui.

Comments
Loading...