Berita Bola: Menang Atas Ekuador, Amerika Serikat Ke Semifinal Copa America Untuk Pertama Kali

Amerika Serikat mencetak sejarah di Copa America Centenario. Untuk pertama kalinya mereka mampu menembus semifinal Copa America sesudah mengalahkan Ekuador pada perempat final, Jumat (17/6).

The Stars and The Stripes menekuk La Tricolor dengan skor 2-1 di Stadion CenturyLink Field. Kemenangan itu didapat berkat efektivitas permainan yang diperagakan oleh AS.

Sepanjang laga sejatinya Ekuador lebih mendominasi permainan. Hal itu tergambar dari penguasaan bola yang mencapai 58 persen. Selain itu, La Tricolor sesungguhnya juga lebih sering mengancam gawang The Stars and The Stripes. Tercatat mereka membuat 18 peluang dibanding sembilan peluang yang diperoleh tuan rumah.

Akan tetapi, AS memang lebih tajam di depan gawang. Pada menit ke-22, mereka mencuri gol lewat sundulan Clint Dempsey yang memanfaatkan umpan Jermaine Jones. Namun, sesudah itu tidak ada lagi gol yang tercipta di babak pertama.

Ekuador mencoba bangkit menggebrak pada babak kedua. Serangan Michael Arroyo sempat membahayakan gawang Brad Guzan. Namun, gol tidak tercipta.

Pada menit ke-52, wasit Wilmar Roldan terpaksa mengusir Jones dan Antonio Valencia dari lapangan. Valencia mendapat kartu kuning kedua setelah menendang Alejandro Bedoya. Jones marah dan berkonfrontasi dengan Valencia sehingga diusir.

Sama-sama bermain dengan sepuluh pemain, AS kembali mencetak gol pada menit ke-66 berkat tendangan Gyasi Zardes. Namun, Ekuador hanya bisa membalas satu gol lewat aksi Arroyo pada menit ke-74.

Skor 2-1 bertahan hingga akhir. Hal itu memastikan AS untuk pertama kalinya berlaga di semifinal Copa America. Mereka akan bertemu dengan pemenang laga Venezuela versus Argentina.

Susunan Pemain

Amerika Serikat: Guzan, Beseler, Brooks, Cameron, Johnson, Bradley, Dempsey (Bekerman 74), Bedoya (Zusi 81), Jones, Wood, Zardes (Birnbaum 90)

Ekuador: Dominguez, Mina, Erazo, Paredes (J. Ayovi 82), Noboa (Gaibor 62), Montero, W. Ayovi, Arroyo, A. Valencia, Gruezo (Ramirez 72), E. Valencia

Comments
Loading...