Berita Bola: Meski Kontroversial, Cile Merasa Pantas Menang Atas Bolivia

Cile berhasil menjaga peluangnya mempertahankan trofi Copa America yang diraihnya tahun lalu. Kesuksesan itu muncul sesudah menundukkan Bolivia dalam lanjutan laga Grup D Copa America Centenario pada Sabtu (11/6). Meski kontroversial, pelatih Cile, Juan Antonio Pizzi, menilai tim asuhannya memang pantas meraih tiga poin.

Cile menundukkan Bolivia dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan diborong oleh gelandang Arturo Vidal. Gol pertama dicetak Vidal pada menit ke-46. Gol keduanya hadir pada menit ke-90 lewat sebuah tendangan penalti yang dianggap kontroversial oleh lawannya.

Pemicu kontroversi adalah alasan putusan wasit Jair Marrufo yang menghadiahi Cile tendangan penalti. Marrufo menunjuk titik putih sesudah lengan atas pemain Bolivia, Luis Gutierrez, terkena bola. Skuat Bolivia berang karena tangan Gutierrez sejatinya ditaruh di belakang badan. Selain itu, wajahnya pun tidak menghadap bola.

Bolivia merasa hal itu sebagai tindakan handsball pasif yang tidak termasuk sebuah pelanggaran. Namun, wasit Marrufo berpikir lain.

Meski diwarnai insiden kontroversial, Cile merasa tetap pantas menang atas Bolivia. “Saya menekankan validitas kemenangan ini,” ujar Pizzi. “Ini jelas keunggulan yang pantas diraih. Kami memiliki banyak peluang, mengontrol permainan, dan semua yang dibutuhkan untuk menang. “

Pernyataan Pizzi memang tepat. Menurut ESPN FC, Cile menguasai bola hingga 79 persen. Selain itu, mereka juga melakukan upaya mencetak gol sebanyak 19 kali. Sebaliknya, Bolivia hanya tiga kali mengancam gawang Cile.

“Kami perlu meningkatkan beberapa hal, tapi kami harus terus yakin bahwa kami sanggup menunjukkan peningkatan dan kami bisa menerapkan permainan kami,” ujar Pizzi.

Comments
Loading...