Berita Bola: “Mourinho yang Menghentikan Dominasi Barcelona Didikan Guardiola”

Jose Mourinho pernah berkuasa di Real Madrid. Namun, dia tidak terlalu mendapatkan respek dari Los Blancos maupun Madridista. Padahal, di mata eks pemain Madrid, Alvaro Arbeloa, jasa Mourinho di Stadion Santiago Bernabeu sangat besar.

Mourinho sempat menangani Madrid sejak musim 2010-11 hingga musim 2012-13. Selama itu, dia sempat menghadirkan tiga trofi untuk Los Blancos, yakni juara Divisi Primera musim 2011-12, Copa del Rey 2010-11, serta Piala Super Spanyol 2012.

Akan tetapi, The Special One tidak terlalu mendapat respek di mata publik Madrid. Hal ini sungguh disayangkan oleh Arbeloa. Pasalnya, menurut Arbeloa, Mourinho berjasa besar dalam menghentikan dominasi Barcelona di bawah asuhan Josep Guardiola.

“Mourinho sangat penting dalam menghentikan dominasi tim Catalan,” ujar Arbeloa kepada BeIN Sports. “Dia tidak memperoleh pengakuan yang cukup tentang hal itu. Namun, andai dia tidak datang, Pep Guardiola akan terus memenangi titel juara bersama Barcelona hingga kini.”

Hal itu ada benarnya. Sebelum Mourinho datang, Barcelona di bawah asuhan Guardiola memang  merajai sepak bola Spanyol dan Eropa. Guardiola mengantar El Barca merebut trofi Divisi Primera musim 2008-09, 2009-10, dan 2010-11. Selain itu, dia pula yang membawa Barcelona menjuarai Copa del Rey 2008-09 dan 2011-12. Belum lagi sukses yang dipersembahkannya di Piala Super Spanyol pada 2009, 2010, dan 2011.

Akan tetapi, dominasi itu sedikit terganggu ketika Mourinho hadir. Madrid sempat juara Divisi Primera, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol bersama Mourinho. Namun, Mourinho belum pernah membawa Los Blancos berjaya di Liga Champions. Hal inilah yang dirasa menjadi alasan publik Los Blancos kurang menghargai Mourinho.

Comments
Loading...