Berita Bola: Neymar Disebut Sebagai Idiot Oleh Rivelino

Pernyataan Neymar tentang kegagalan Brasil di Copa America Centenario rupanya berbuntut panjang. Dia malah ganti disebut sebagai sosok idiot oleh mantan pemain Selecao, Rivelino.

Brasil tersingkir secara memalukan dari Copa America Centenario setelah kalah 0-1 dari Peru pada laga terakhirnya di fase grup. Hal itu membuat, untuk pertama kalinya salam sejarah, Selecao terdepak dari Copa America sejak format baru dengan menggunakan grup dipakai pada 1993.

Kegagalan Brasil rupanya membuat Neymar bereaksi. Dia mengunggah pernyataan di Instagram yang bermaksud mencela semua pihak yang mengkritik Brasil sembari ingin membela rekan sesama pemain.

Akan tetapi, tindakannya itu malah ganti memicu kritik kepada dirinya sendiri. Neymar dituding sebagai sosok idiot oleh mantan pemain Brasil, Rivelino.

“Lebih baik bagi dia untuk diam. Ini adalah sesuatu yang mewarnai kariernya, ini tidak bagus untuknya. Saya kira dia adalah idiot terbesar dalam sejarah,” kata Rivelino.

Rivelino merasa perlu mengkritik Neymar karena tidak berpartisipasi di Copa America Centenario. Berdasar kesepakatan dengan klubnya, Barcelona, Neymar hanya akan dimainkan oleh Brasil di Olimpiade 2016 yang digelar di negerinya bulan depan.

“Perhatiannya seharusnya terfokus di atas lapangan. Dia belum memenangi apa pun bersama Brasil. Dia belum memberi kebahagian kepada orang-orang. Sampai hal itu terjadi, dia seharusnya hanya berbicara sedikit,” ujar Rivelino.

Neymar memang belum bisa mengantarkan Brasil meraih trofi apa pun. Pada Piala Dunia 2014 di negerinya, Brasil gagal total. Begitu pula di Copa America 2015. Hal itulah yang mendasari Rivelino tak segan untuk mengkritik Neymar.

“Pertama kamu harus membuat kisahmu sendiri. Kami harus memenangi sesaatu sebagai balasan untuk orang-orang Brasil. Sesudah itu, kamu bisa sedikit komplain,” ucap Rivelino.