Berita Bola: Peran Penting Pochettino di Skuat Timnas Inggris

Di balik soliditas skuat tim nasional Inggris yang akan belaga di Piala Eropa 2016, ada klaim bahwa Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, mempunyai peran besar. Apalagi, di skuat The Three Lions bercokol banyak pemain asal Tottenham.

Pochettino memang berhasil mengembangkan beberapa pemain Britania Raya di klub hingga mencapai level performa tertinggi. Tak ayal banyak andalan mereka yang masuk ke dalam skuat asuhan Roy Hodgson untuk Piala Eropa 2016.

Mereka yang dipanggil adalah Harry Kane, Dele Alli, Eric Dier, Kyle Walker, dan Danny Rose. Legenda Tottenham. Ledley King pun menganggap Pochettino punya pengaruh besar pada timnas Inggris karena hal ini.

Apalagi, bersama Liverpool, Tottenham adalah klub yang paling banyak menyumbangkan pemainnya ke skuat The Three Lions.

“Pochettino memberikan pengaruh yang sangat besar. Sebagai contoh adalah Dier. Seseorang yang sebelumnya tak punya posisi pasti. Dia kadang bermain sebagai bek tengah, bek kanan, tapi tak ada yang melihat dia bisa bermain di pos gelandang,” ujar legenda Tottenham, Ledley King, kepada Squawka.

“Pochettino melihat sesuatu pada pemain ini dan merasa Dier bisa tampil maksimal di pos gelandang bertahan. Hal tersebut pun terbukti benar,” tambah dia.

Bersama Pochettino, pemain seperti Alli berkembang pesat dan Kane terus memperlihatkan ketajaman. Terlepas dari itu, King menganggap dua full-back yang masuk ke skuat Inggris, Walker dan Rose masih harus mengembangkan potensi karena keduanya diprediksi hanya akan jadi back-up Nathaniel Clyne dan Ryan Bertrand di Prancis nanti.

“Mereka berdua sebenarnya sangat dinamis dan tajam saat menyerang. Tapi, keduanya harus belajar lebih banyak lagi dalam bertahan,” tutup dia.