Berita Bola: Rekor Zidane Usai Juara Liga Champions Bersama Madrid

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mencatatkan rekor usai membawa tim ibukota Spanyol itu menjadi juara Liga Champions. Dia menjadi orang kedua yang sukses menjadi juara Liga Champions bersama El Real sebagai pemain dan manajer.

Saat melakoni pertandingan final Liga Champions melawan Atletico, Minggu (29/5) dini hari WIB, Madrid menang adu penalti dengan skor akhir 5-3.

Di pertandingan itu, Madrid unggul lebih dulu di babak pertama berkat gol dari Sergio Ramos. Atletico bisa menyamakan kedudukan di babak kedua berkat gol Yannick Ferreira-Carrasco di menit 79.

Saat babak tambahan, semua eksekutor Madrid sukses menceploskan bola ke dalam gawang. Sementara itu, penendang keempat Atletico, Juanfran, gagal setelah bola eksekusinya membentur tiang sisi kanan gawang Madrid yang dikawal oleh Keylor Navas.

Zidane pun berhasil mengantarkan Madrid di kesempatan pertamanya menjejak final Liga Champions sebagai pelatih. Dalam data yang dilansir Opta, catatan itu membuat dia menyamai rekor Miguel Munoz yang berhasil mengantarkan Madrid menjadi juara sebagai pemain dan pelatih.

Munos mengantarkan Madrid juara Liga Champions yang saat itu masih bertajum European Cup di musim 1955–56, 1956–57, dan 1957–58. Sementara sebagai pelatih, dia menjuarai Liga Champions di musim 1959–60, 1965–66.

Sementara itu, saat masih menjadi pemain Zidane mampu membawa Madrid menjadi juara di musim 2001-02. Zidane juga pernah menjadi runner-up Liga Champions saat masih membela Juventus di musim 1997-98.