Berita Bola: Simeone Siap Menyusul Dua Pelatih Legendaris Argentina

Laga final Liga Champions musim 2015-16 bisa menjadi penobatan Diego Simeone sebagai satu dari tiga pelatih terhebat dari luar Benua Eropa. Kini, entrenador Atletico Madrid itu siap menyusul dua pendahulunya, Luis Carniglia dan Helenio Herrera.

Caranya adalah membawa Atletico menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub. Jika berhasil, Simeone laik disejajarkan dengan dua pelatih legendaris Argentina itu.

Pasalnya, sejauh ini baru Carniglia dan Herrera yang menyandang status pelatih non-Eropa peraih gelar Liga Champions (dulu bernama European Cup, Red.).

Lebih hebat lagi, keduanya sanggup melakukan apa yang tidak pernah terjadi sejak kompetisi berubah nama pada 1992, yaitu mempertahankan trofi juara. Carniglia melakukannya kala menjadi juara pada 1958 dan 1959 bersama tim bertabur bintang, Real Madrid.

Kala itu, di dalam tim asuhan Carniglia memang bercokol sederet pesepak bola kenamaan dunia semisal Alfredo Di Stefano hingga Francisco Gento. Sementara itu, Herrera pernah mencapainya bersama skuat La Grande Inter Milan pada 1964 dan 1965.

Simeone sejatinya sempat hampir mensejajarkan diri dengan Carniglia dan Herrera kala mebawa Los Colchoneros ke partai puncak pada musim 2013-14. Namun, dalam laga final di Lisbon, Portugal, Atletico kalah dari rival sekota, Real Madrid, dengan skor 1-4 melalui babak perpanjangan waktu.

Tahun ini, Simeone punya peluang membayar kegagalan itu. Jika sukses membalas dendam kala kembali bertemu Madrid pada final yang digelar di San Siro, Milan, pada Sabtu (28/5). Jika berhasil, Simeone laik disebut sebagai salah satu pelatih terbesar Argentina di pentas Eropa.

Comments
Loading...