Berita Bola Terkini: Momen Mengukir Rekor di Premier League 2016-17

Hampir setiap musim ajang Premier League selalu menghadirkan atraksi dan catatan rekor spesial. Tak terkecuali musim 2016-17, yang diyakini menjadi momen untuk memburu beberapa rekor.

Beberapa rekor elok siap dikejar para pesepak bola yang tampil di pentas Premier League 2016-17. Sebut saja terkait jumlah penampilan, gol, assist, hingga clean-sheet untuk para penjaga gawang.

Dalam hal jumlah penampilan, legenda Manchester United Ryan Giggs masih menjadi pemegang rekor dengan total 632 caps sepanjang kariernya di Premier League. Angka itu terpaut cukup jauh dari peringkat kedua, Frank Lampard, dengan 609 caps.

Dari 10-besar pemain dengan jumlah penampilan terbanyak, tersisa dua nama yang masih aktif bermain, yaitu Gareth Barry dan Mark Schwarzer. Barry, yang kini membela Everton, berada di peringkat ketiga dengan catatan 572 penampilan.

Dengan terpaut 37 penampilan dari rekor Giggs, Barry masih mungkin mengejar. Namun, syaratnya cukup sulit. Dia harus bisa selalu tampil dalam setiap pertandingan The Toffes sepanjang musim ini, yaitu 38 laga.

Dalam usia 35 tahun, hal itu terkesan sulit. Namun, bukan mustahil dilakukan mengingat musi lalu Barry pun mampu tampil sebanyak 33 pertandingan dan hanya dua kali sebagai pengganti.

Beralih ke rekor gol, mantan bomber Newcastle United, Alan Shearer, masih nyaman di posisi puncak dengan total 260 gol sepanjang kariernya di kasta teratas kompetisi sepak bola Inggris.

Dari 10-besar pencatat gol terbanyak, hanya tinggal Wayne Rooney yang punya peluang mengejar. Saat ini Rooney bertengger diposisi kedua dengan mengoleksi 193 gol, alias terpaut 67 gol.

Dalam usia 30 tahun, penyerang Manchester United itu masih berpeluang mengejar rekor Shearer. Namun, agaknya sulit tercapai pada musim 2016-17. Apalagi, dalam empat musim terakhir catatan gol tertinggi Rooney adalah 12. Jika konsisten menambah jumlah gol di setiap musim, Rooney berpeluang mengejar Sheare dalam 2 atau 3 musim mendatang.

Persaingan lebih ketat justru terkait rekor assist. Sejauh ini, playmaker Chelsea Cesc Fabregas masih menjadi pencatat assist tertinggi sepanjang sejarah Premier League dengan total 85 assist.

Namun, catatan Fabregas itu masih sangat mungkin dikejar oleh Rooney yang berada di peringkat kedua dengan 76 assists. Di lima besar pun masih punya peluang, seperti James Milner (63 assists), Ashley Young (62 assists), dan David Silva (57 assists).

Sementara, rekor individu lain yang menarik adalah terkait catatan clean-sheet. KIper Arsenal, Petr Cech, masih di puncak dengan koleksi 119 clean-sheets selama membela Chelsea dan Arsenal.

Dua kiper yang berpeluang besar mengejar catatan Cech adalah Simon Mignolet (Liverpool) yang berada di peringkat ke-8 dengan 64 clean-sheets, dan David De Gea (Man. United) di posisi ke-9 dengan 61 clean-sheets. Dalam usia yang jauh lebih muda dari Cech, kedua kiper punya peluang besar mengejar.

Rekor pemain Premier League

Di level klub pun tak mau ketinggalan. Rekor kemenangan, kekalahan, gol, hingga kebobolan, menjadi empat hal menarik yang sangat mungkin dipecahkan pada musim ini.

Man. United menjadi pengoleksi kemenangan terbanyak sepanjang sejarah Premier League dengan total 589, disusul Arsenal (502), Chelsea (486), Liverpool (456), dan Tottenham Hotspur (374). Dengan jumlah 38 pertandingan musim ini, posisi Man United jelas belum akan tergantikan.

Tapi tidak dengan rekor 333 kekalahan milik Aston Villa. Dengan tak lagi tampil di Premier League musim 2016-17, Villa sangat mungkin dikejar Everton yang ada di peringkat kedua dengan 325 kekalahan, atau West Ham United dengan 315 kekalahan.

Sementara terkait jumlah gol, agaknya rekor Man. United tak akan dipecahkan pada musim ini. Man. United sudah mencetak 1.802 gol, terpaut 242 gol dari peringkat kedua, Arsenal (1.621 gol) dan 279 gol dari Chelsea (1.560).

Paling mungkin dikejar adalah rekor kebobolan terbanyak milik Spurs, yakni 1.205 gol, yang terpaut 19 gol dari Villa yang turun kasta ke Divisi Championship.

Everton ada di peringkat ketiga sebagai klub dengan jumlah kebobolan terbanyak, yaitu 1.163 gol. Jika jumlah kebobolan Everton lebih banyak 43 dari Spurs, pemegang rekor akan berganti.

Rekor klub Premier League

Jadi, kita tunggu saja apakah deretan rekor itu akan benar-benar terpecahkan pada Premier League musim 2016-17, atau masih tertunda musim berikutnya.

Comments
Loading...