Berita Bola: Timnas Indonesia Ditahan Imbang Tanpa Gol oleh Puerto Rico

Football5star.com, Indonesia – Timnas Indonesia gagal mengamankan kemenangan saat menjamu Puerto Rico dala duel persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/6). Meski mendominasi, Indonesia harus puas berbagi angka hasil tanpa gol.

Padahal, Indonesia mampu menampilkan permainan agresif di laga ini. Terlebih, Stefano Lilipaly sudah bisa memperkuat Skuat Garuda setelah absen di laga kontra Kamboja. Sejumlah peluang sudah mampu diciptakan anak asuh Luis Milla sejak awal laga.

Contohnya pada menit ke-9. Umpan terukur Irfan Bachdim diterima Marinus Wanewar yang lolos dari perangkap offside. Namun, bola sepakan kaki kiri Marianus masih bisa diblok oleh kiper Puerto Rico, Cody Laurendi.

Pada menit ke-22, giliran Saddil Ramdani yang mencoba peruntungan. Menerima umpan Hanif Sjahbandi, winger Persela Lamongan itu coba melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun, bola hanya meluncur di sisi kiri gawang Puerto Rico.

Dua menit kemudian, giliran Puerto Rico yang mengancam lini pertahanan Indonesia. Sebuah tendangan keras dilepas Jorge Sosa dari jarak sekitar 30 meter. Kali ini, kiper Kurnia Meiga dengan sigap menepis bola dan hanya melahirkan sepak pojok untuk tim tamu.

Pada menit ke-32, Kurnia Meiga kembali dipaksa berjibaku menahan serangan Puerto Rico. Hector Ramos lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan Meiga. Beruntung, kiper Arema FC itu masih sigap menyambar bola dari kaki Ramos.

Indonesia merespons enam menit setelahnya, akselerasi Stefano Lilipaly di sektor kanan serangan dilanjutkan umpan tarik ke mulut gawang yang dengan susah payah ditepis Lauendri. Sementara, bola muntah yang disambar dengan tembakan kaki kanan Bayu Pradana dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang.

Semenit jelang babak pertama berakhir, peluang emas kembali didapat Indonesia. Berawal dari tendangan bebas Lilipaly yang bisa diblok Laurendi, bola muntah coba disambar Gavin Kwan Adsit tepat di mulut gawang. Namun, bola sepakan bek asal Barito Putera itu masih melenceng dari sasaran. Skor kacamata menghiasi akhir babak pertama.

Selepas jeda, Pelatih Indonesia, Luis Milla, langsung melakukan beberapa perubahan komposisi pemain. Dua pemain dimasukkan, Febri Haryadi dan Yabes Roni, menggantikan Saddil serta Marinus. Tujuh menit berselang, giliran posisi Meiga yang digantikan Satria Tama.

Pada menit ke-53, Indonesia memperoleh peluang emas memecah kebuntuan melalui Irfan Bachdim. Sialnya, bola sontekan Bachdim di mulut gawang masih sedikit melebar. Pada menit ke-60, giliran Lilipaly yang membuang peluang di depan gawang saat bola sepakan volinya melambung di atas gawang.

Sampai pertengahan babak kedua, Indonesia terus mengontrol permainan. Bahkan, Puerto Rico dipaksa lebih sering bermain di daerahnya sendiri meski sesekali mampu mengancam melalui serangan balik cepat. Salah satunya gol pada menit ke-66 yang dianulir wasit karena offside.

Sembilan menit jelang waktu normal berakhir, Zola hampir saja memecah kebuntuan Indonesia. berawal dari skema serangan yang rapi, Zola menerima bola di dalam kotak penalti dan langsung menembakkannya dengan kaki kanan. Tapi, bola masih melambung di atas mistar gawang.

Puerto Rico membalas dua menit setelahnya. Kali ini pemain yang baru tiga menit masuk lapangan, Mike Ramos, coba melepas tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun, bola sepakannya masih terlampau lemah dan mudah diantisipasi Satria Tama.

Upaya kedua tim untuk memecah kebuntuan akhirnya gagal tercapai. Hingga wasit Sukhbir Singh asal Singapura meniup peluit panjang tanda pertandingan tuntas, Indonesia dan Puerto Rico harus puas berbagi skor imbang 0-0.

Susunan Pemain:

Indonesia (4-3-3): 1-Kurnia Meiga (30-Satria Tama 52′); 11-Gavin Kwan Adsit, 5-Bagas Adi Nugroho, 16-Fachruddin Aryanto, 4-Rezaldi Hehanusa; 23-Hanif Sjahbandi Abdurrauf (15-M. Hargianto 63′), 8-Stefano Lilipaly (7-Gian Zola Nasrullah 75′), 19-Bayu Pradana; 24-Saddil Ramdani (13-Febri Haryadi 46′), 9-Marinus Wanewar (22-Yabes Roni 46′), 17-Irfan Bachdim (14-Septian David Maulana 80′)
Pelatih: Luis Milla

Puerto Rico (4-1-3-2): 1-Cody Laurendi; 4-Marcos Martinez, 8-Emmanuel D’Andrea, 14-Juan Velez Iago (15-Javier de la Rosa 46′) (6-Javier Lolondriz 64′), 11-Juan Coca; 18-Jorge Rosa; 5-Jorge Rivera, 7-Andres Cabrero, 21-Gerald Diaz (12-Mike Ramos 80); 10-Joseph Marrero (3-Lucas Arzan 72′), 9-Hector Ramos
Pelatih: Carlos Garcia Cantarero

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More