Berita Bola: “Van Gaal Dipecat Karena Kesalahannya Sendiri”

Louis van Gaal sudah dipecat dari Manchester United. Dia kehilangan pekerjaan karena kesalahan yang sudah dia buat sendiri.

Van Gaal datang ke MU di awal musim 2014-15. Dia hadir usai menangani tim nasional Belanda di ajang Piala Dunia 2014. Keberhasilan mengantarkan De Oranje menempati posisi ketiga menjadi alasan utama meneer Belanda itu direkrut MU.

Van Gaal dikontrak selama tiga tahun, tapi akhirnya hanya menjalani dua tahun. Dia dipecat usai dinilai gagal membawa MU tampil bagus.

Bersama Van Gaal, MU memang berhasil menghapus puasa gelar sejak musim 2012-13. Mereka memenangi Piala FA di musim ini dengan mengalahkan Crystal Palace.

Tapi, kegagalannya mengantarkan MU ke Liga Champions dan permainan MU yang masih kurang meyakinkan membuat dirinya harus rela mengemas koper dari Old Trafford lebih awal.

Opta mencatat MU tampil paling tak produktif sejak musim 1988-89 dengan catatan 49 gol dalam satu musim. Soal pemecatan Van Gaal, manajer asal Belanda lainnya, Ruud Gullit, memberikan komentar.

“Banyak hal merupakan kesalahannya sendiri. Manchester United mempunyai suatu status tertentu. Tak berlaga di Liga Champions dan itu berarti besar untuk mereka,” kata Gullit di Gazzetta dello Sport.

“Sepak bola itu keras dan sepak bola itu tak adil. Jadi, Anda tahu peraturannya jika Anda pergi ke klub besar dan Anda tak bemain bagus, maka Anda harus keluar,” ujar eks manajer Chelsea dan Newcastle United itu.

Louis van GaalManchester UnitedRuud Gullit