Berita Duka! Manajer Kulit Hitam Pertama di Liga Inggris Tutup Usia

Football5star.com, Indonesia – Berita duka datang dari Liga Inggris. Manajer kulit hitama pertama di Liga Inggris, Tony Collins tutup usia pada usia 94 tahun, Selasa (9/2/2021). Kepergian Tony Collins membuat duka bagi sejumlah tokoh liga Inggris seperti Sir Alex Ferguson.

Fergie dan Tony Collins pernah bekerjasama di Manchester United. Pada akhir kariernya, Collins sempat menjadi pemandu bakat untuk klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford tersebut.

Manajer Kulit Hitam Pertama di Liga Inggris Tutup Usia
The Guardian

“Saya sangat sedih mendengar berita tentang Tony dan mengirimkan belasungkawa terdalam saya kepada semua keluarganya,” kata Sir Alex seperti dikutip Football5star.com dari The Guardian.

“Salah satu ingatan saya tentang Tony adalah pekerjaan yang ia lakukan selalu mengesankan. Saya kemudian mengenal Tony secara pribadi ketika saya bergabung ke Manchester United dan Tony adalah kepala pemandu bakat,”

“Selain menjadi pengintai untuk para pemain muda yang berharga, ia memiliki pengetahuan yang luas dan dihormati. Dia memiliki kepribadian yang menarik bagi saya dan saya selalu menikmati saat kami mengobrol,” tambah Fergie.

Rasa duka mendalam atas kepergian Tony Collins juga dikemukakan oleh anggota asosiasi manajer Liga Inggris, Howard Wilkinson. Menurutnya, Tony adalah seorang pioner untuk sepak bola Inggris.

“Tony adalah pioner sejati sepak bola Inggris. Dia rendah hati,ramah, dan memiliki wawasan yang sangat luas. Semangatnya untuk sepak bola begitu nyata ketika Anda bertemu dengannya. Dia memiliki cerita dan kenangan yang luar biasa untuk dibagikan,” kata Wilkinson.

Anthony Norman Collins lahir di Kensington, Inggris pada 19 Maret 1926. Ia mengawali karier sebagai seorang pesepak bola. Bermain sebagai winger kiri, Collins tercatat pernah membela Watford, Norwich City dan Crystal Palace.

Pada 1960, untuk kali pertama ia ditunjuk sebagai manajer kulit hitam untuk klub Rochdale. Enam musim, Collins melatih klub ini dan pada 1980, ia sempat menjadi pelatih sementara untuk Bristol City.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More