Berita Euro 2016: Efek Pidato Giaccherini di Ruang Ganti Italia Sebelum Melawan Spanyol

giItalia berhasil mengalahkan Spanyol dalam babak 16-besar Piala Eropa 2016, Senin (27/6). Keberhasilan itu tidak lepas dari efek pidato Emanuele Giaccherini di dalam ruang ganti Gli Azzurri.

Giaccherini menundukkan Spanyol dengan skor 2-0 lewat sebuah permainan solid. Link tengah dan pertahanan Italia sulit ditembus, sedangkan barisan depannya begitu berbahaya.

Semua itu dinilai tidak lepas dari kesuksesan taktik yang dirancang oleh pelatih Antonio Conte. Dengan disiplin tinggi, Gianluigi Buffon dkk dapat menerapkannya di atas lapangan.

Giaccherini membenarkan hal tersebut. Dia memuji Conte yang dinilainya melakukan persiapan melawan Spanyol dengan sangat detail. Hal itu terbukti berdampak positif.

Akan tetapi, Giaccherini juga mengaku bahwa pidatonya di kamar ganti Gli Azzurri juga berpengaruh. Dia menilai hal itu berhasil membuat skuat Italia bermain dengan sepenuh hari.

Perlu diketahui, di dalam skuat Italia selama Piala Eropa 2016 terdapat kebiasaan menarik. Para pemain diminta oleh Conte untuk berbicara di depan rekan-rekannya sebelum laga secara bergantian. Hal itu dilakukan oleh pemain berbeda untuk setiap laga berbeda pula.

“Pemain yang berbeda membuat pidato sebelum laga setiap waktu, karena kami adalah kesatuan dan setiap orang memainkan peranannya,” kata Giaccherini.

Saat melawan Spanyol, Giaccherini yang mendapat giliran untuk berpidato. Dia pun mengajak rekan setim untuk tampil total karena sadar kalah kualitas dibanding Spanyol.

“Hari ini, saya berbicara kepada para pemain sebelum pertandingan. Saya mengatakan kepada mereka bahwa kami membutuhkan hati karena taktik hanya bisa membawa kami sejauh ini. Kami memerlukan hati,” ucap Giaccherini.

Ajakan Giaccherini tampaknya disambut baik oleh rekan setimnya. Mereka tampil sepenuh hati kala menundukkan Spanyol. Hal itu pula yang menjadi faktor penentu kemenangan mereka.

Comments
Loading...