Berita Euro 2016: Para Penggawa Islandia Girang Meski Harus Menantang Inggris

Kemenangan perdana diraih Islandia di pentas Piala Eropa 2016 dengan menaklukkan Austria 2-1 di Stade de France, Saint Denis, Rabu (22/6). Kemenangan itu membuat para penggawa Islandia larut dalam kegirangan, meski pada babak 16-besar harus menantang Inggris.

Sebagai salah satu tim debutan dengan populasi yang kecil di negaranya, tak banyak yang percaya Islandia bisa berbicara banyak di turnamen akbar empat tahunan di Eropa itu.

Pada awal turnamen eksistensi Islandia dipandang sebelah mata. Bukan tanpa sebab, mereka masuk ke dalam grup cukup sulit yang berisikan Portugal, Austria, hingga Hungaria, yang lebih berpengalaman tampil di Piala Eropa.

“Ini adalah hasil dari semua yang kami perjuangkan. Kami berjuang demi negara dan kami buktikan itu. Saya tak paham, bagaimana kami bisa berhasil seperti ini,” ungkap kapten Islandia, Aron Gunnarsson, kepada UEFA.com.

“Apa yang baru saja terjadi merupakan karakter kami. Timnas ini bisa menunjukkan kegilaannya. Saya benar-benar bahagia,” tambahnya.

Bek Kari Arnason turut mengamini. Peraih penghargaan man of the match pada laga melawan Austria ini bahkan mengaku tak bisa mendeskripsikan kebahagiaannya dengan kata-kata.

“Saya tak bisa menjelaskan ini. Kami melakukan yang terbaik dan tentu haru bercampur senang menaungi perasaan kami saat ini,” tutur Arnason.

Dia turut membeberkan kunci keberhasilan Islandia yang tak lepas dari dukungan dari para suporter. Kelolosan mereka ini bisa jadi kado manis kepada fans yang jauh-jauh datang ke Prancis.

“Ini fantastis. Kami memiliki 10 ribu fans yang luar biasa. Mereka teman sekaligus keluarga. Saya tak bisa menjelaskannya,” tukasnya.

Comments
Loading...