Berita Euro 2016: Pelatih Polandia Lagi-Lagi Bela Lewandowsi yang Masih Seret Gol

Robert Lewandowski lagi-lagi dipertanyakan ketajamannya setelah kembali gagal mencetak gol untuk timnas Polandia. Meski demikian, dukungan penuh lagi-lagi diberikan oleh sang pelatih Adam Nawalka kepada kaptennya itu.

Lewandowski tentu diharapkan bisa mengulang penampilan hebatnya bersama Bayern Munich musim ketika membuat 44 gol di seluruh kompetisi, yang merupakan musim terbaiknya, bersama Polandia di Piala Eropa 2016 ini.

Namun, kenyataan berbeda jauh dengan harapan, karena dari empat pertandingan yang sudah dilalui Polandia, tiga di fase grup dan satu babak 16-besar, tak satu pun gol dibuat Lewandowski.

Selama 643 menit di atas lapangan, Lewandowski juga bahkan tak mencetak assist. Itu artinya sudah sejak laga kontra Yunani di Piala Eropa empat tahun lalu, Lewandowski tidak membuat gol.

Saat menyingkirkan Swiss di babak 16-besar, Lewandowski tidak mencetak gol. Meski tampil 120 menit, dia hanya membuat empat attempts dengan dua mengarah ke sasaran.

“Roberto sudah bekerja sangat luar biasa untuk tim ini, dia punya mental yang sangat kuat dan dalam hal sepak bola, dia membantu tim lebih baik, lebih kuat, dia memotivasi mereka,” ujar Nawalka seperti dilansir Soccerway.

“Yang paling penting adalah kemenangan untuk seluruh tim. Robert di pertandingan ini.. kami tahu dari sejarah, ada beberapa kasus di mana para pemain yang jadi bintang tim itu dan ketika mereka tidak bisa membuat gol, maka hasilnya tidak sesuai keinginan dan mereka pun tidak bikin gol,” sambungnya.

“Tapi, di sini sebaliknya, dia tampil fantastis. Kami sangat senang bahwa dia fit secara fisik dan mental untuk bermain di setiap pertandingan, dia memberikan dan membuat peluang bagi pemain lain, membuka ruang, memberikan posisi bagus untuk rekan setimnya.”

“Dia mampu menarik para pemain lawan dari pemain kami lainnya. Ini kerja yang hebat. Saya yakin dan percaya dia akan bikin gol di laga berikutnya dan membuat lawan kami takut,” tutup Nawalka.

Polandia lolos usai menang adu penalti asal Swiss dan akan menghadapi Portugal di perempat final, Jumat (1/7) dinihari WIB mendatang.

Comments
Loading...