Berita Euro 2016: Rep. Irlandia Tak Lagi Dihantui Insiden Handball Thierry Henry

Laga melawam Prancis akan menghadirkan nostalgia kelam bagi Republik Irlandia. Masih teringat ketika Irlandia gagal lolos ke Piala Dunia 2010 akibat gol kontroversial striker Prancis, Thierry Henry. Namun, striker Irlandia, Shane Long, mengaku timnya tak lagi dihantui kisah menjengkelkan itu.

Pada 2009 silam, Irlandia dan Prancis bertemu pada pertandingan play-off Kualifikasi Piala Dunia. Di laga itu, Henry secara sengaja menggunakan tangannya untuk mengontrol bola, yang akhirnya berujung gol penentu lolosnya Prancis ke Afrika Selatan.

Seusai laga, kubu Irlandia memprotes keras insiden tersebut. Bagaimana tidak, aksi Henry itu menghadirkan kekecewaan sekaligus kekesalan untuk skuat dan juga masyarakat Irlandia.

Tujuh tahun berselang, kedua tim akan kembali bertemu pada babak 16-besar Piala Eropa 2016 Minggu (26/6). Tentu ada beberapa pihak yang menyentil soal insiden masa lalu itu. Meski begitu, Long mengaku seluruh tim sudah melupakan momen tersebut.

“Tidak, handball Henry tidak akan mengganggu pikiran kami. Apa itu sudah tujuh tahun yang lalu? Itu sudah dilupakan,” kata Long saat sesi jumpa pers jelang laga.

“Kami tentunya sangat hancur saat itu karena kami gagal ke Piala Dunia. Tapi seperti yang saya katakan, kami sudah tidak memikirkan hal itu,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Long memuji kualitas tim yang akan dihadapinya. Meski begitu, pemain Southampton ini berharap Irlandia mampu memberi kejutan.

“Kami hanya memikirkan soal pertandingan kali ini. Kami bermain melawan tim Prancis yang sangat bagus dan di kandang mereka. Ini akan sulit, tapi kami terima tantangan tersebut dan berharap kami bisa membuat kejutan,” pungkasnya.

Comments
Loading...