Cristiano Ronaldo: Ronaldo Samai Platini

Penampilan gemilang Cristiano Ronaldo bersama Portugal di babak semifinal Piala Eropa juga berujung pada rekor. Dia kini menjadi menyamai rekot gol Michel Platini.

Portugal memetik kemenangan saat berhadapan dengan Wales di babak empat besar Piala Eropa 2016. Saat melakoni pertandingan di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (7/7) dinihari WIB, mereka menang dengan skor akhir 2-0.

Dalam pertandingan itu, Ronaldo mencetak gol pertama. Die membukukannya di menit 50, lewat satu sundulan kepala. Selain itu, Ronaldo juga menyumbangkan assist yang berbuah gol Luis Nani.

Opta mencatat bahwa Ronaldo sejajar dengan Michel Platini yang menyandang status top skorer di sepanjang sejarah Piala Eropa 2016. Dia sudah mencetak sebanyak sembilan gol.

Selain itu, Ronaldo juga tercatat sudah melakukan 122 percobaan di sepanjang keikutsertaannya di Piala Eropa. Torehan itu dua kali yang di lakukan oleh pemain-pemain lainnya sejak Piala Eropa 1980.

Sebanyak sembilan dari 11 gol terakhir yang ditorehkan Ronaldo di turnamen besar, hadir di babak kedua. Artinya, 82 persen gol Ronaldo dibukukan setelah jeda pertandingan.

Ronaldo kini juga menjadi pemain dengan catatan gol dan assist paling banyak sejak Piala Eropa 2004. Dia sudah mencetak gol dan assist sebanyak 14.

Ronaldo juga mencatatkan diri menjadi pemain pertama dengan tiga gol atau lebih dalam dua turnamen Piala Eropa (2012 dan 2016).

Ronaldo pun kini ada di dalam daftar calon kadidat kuat pencetak gol terbanyak. Untuk sementara, pemain Prancis, Antoine Griezmann, ada di posisi pertama dengan raihan empat gol.

Comments
Loading...