Berita Euro 2016: Slaven Bilic Tak Tertarik Tangani Inggris

Slaven Bilic disebut-sebut bakal jadi salah satu kandidat pelatih baru Timnas Inggris. Meski demikian, kabar tersebut dibantah seraya menegaskan Bilic tak tertarik dengan pekerjaan itu.

Inggris baru saja ditinggal Roy Hodgson yang mengundurkan diri setelah kegagalan di Piala Eropa 2016. Jadi salah satu favorit juara di turnamen tersebut, Inggris cuma mampu sampai babak 16-besar.

Lebih memalukan lagi adalah Inggris disingkirkan oleh Islandia, negara debutan di Piala Eropa yang jumlah penduduknya tidak lebih dari 350 ribu jiwa tersebut. Apalagi Inggris punya kualitas skuat yang berada 2-3 level di atas Islandia dengan banyak diperkuat para pemain bintang Premier League.

Tugas berat pun menanti Federasi Sepakbola Inggris, FA, untuk mencari pengganti yang lebih daripada Hodgson, yang pencapaiannya selama melatih Inggris tak memuaskan.

Beberapa nama pelatih lokal pun sudah muncul seperti Gareth Southgate, Alan Shearer, Alan Pardew, Harry Redknapp, dan Sam Allardyce. Namun, FA juga tak menutup kemungkinan merekrut pelatih asing seperti saat mengontrak Sven Goran Eriksson dan Fabio Capello dulu.

Salah satu nama pelatih asing yang dianggap pantas melatih Inggris adalah Bilic. Selain punya pengalaman melatih timnas Kroasia, pencapaian Bilic bersama West Ham United musim lalu jadi alasan dia dijagokan jadi pengganti Hodgson.

“Dia sudah jadi pelatih negaranya sendiri dan saya tidak yakin bahwa dia akan tertarik menangani Inggris,” ujar co-owner West Ham, David Gold, soal kemungkinan Bilic menjadi pelatih Inggris.

“Dia bilang pada kami saat wawancara pertama kali bahwa misinya adalah jadi manajer di kompetisi teratas Inggris – Premier League – dengan menangani klub yang dicintainya, West Ham United. Inggris tentunya bukan bagian rencana Slaven,” sambungnya seperti dilansir Soccerway.

“Dia orang yang sangat, sangat loyal. Dia sangat setia dengan staf kepelatihan dan juga petinggi klub. Kami mendukungnya 100 persen dan dia pun begitu – kami semua berkomitmen total.”

“Ini adalah klubnya dan dia tengah ingin meraih hal-hal hebat di Olympic Stadium. Saya tidak yakin dia akan tertarik dengan tawaran yang lain,” tutupnya.

Comments
Loading...