Berita Euro 2016: Tekuk Austria, Islandia Terinspirasi Semangat Bangsa Viking

Islandia memastikan tempat di babak 16-besar Piala Eropa 2016 setelah meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Austria di laga terakhir fase grup yang berlangsung di Stade de France, Rabu (22/6) malam lalu.

Bagi gelandang sekaligus kapten Islandia, Aron Gunnarsson, kemenangan ini menunjukkan bahwa timnya mengimplementasikan semangat bangsa Viking yang merupakan leluhur bangsa Skandinavia. Hal tersebut membuat rekan-rekan setimnya terus berjuang keras hingga menit terakhir laga.

Laga Islandia kontra Austria sendiri berjalan sangat intens sejak menit awal, di mana kedua tim saling jual-beli serangan. Islandia berhasil unggul lebih dahulu pada menit ke-18 lewat Jon Bodvarsson.

Akan tetapi, Austria mampu membalas melalui aksi Alessandro Schopf saat laga memasuki menit ke-60.

Gol tersebut membangkitkan semangat juang Austria. Di sisa babak kedua, Austria mengepung lini pertahanan Islandia.

Namun kesalahan pada menit akhir yang dilakukan Austria berhasil dimanfaatkan oleh Islandia untuk mencetak gol kemenangan saat laga memasuki masa injury time. Serangan balik cepat dituntaskan dengan tembakan kaki kiri Arnor Traustason.

“Ya benar, itu adalah 30 menit terlama dalam karier saya (saat Austria terus menggempur Islandia di akhir babak kedua). Saya mulai melihat bintang-bintang di langit, tetapi begitu kami mencetak gol penentu, rasanya sungguh luar biasa!” ujar Gunnarsson, dilansir Goal.

“Ini adalah laga yang sangat sulit. Austria terus menekan karena jika mereka tidak menang, mereka tidak lolos. Sungguh disayangkan mereka akhirnya tersingkir. Austria adalah tim yang bagus, mereka sangat merepotkan kami. Tetapi berkat semangat Viking, kami bisa bertarung hingga saat terakhir.”

Comments
Loading...