Berita Terkini: Adrian Mutu Putuskan Pensiun dan Mulai Merintis Karier Kepelatihan

Football5star.com, Indonesia – Mantan penyerang Timnas Rumania, Adrian Mutu, akan memulai petualangan baru sebagai pelatih usai memutuskan pensiun dari karier profesionalnya. Mantan penyerang Chelsea itu pensiun dalam usia 37 tahun.

Karier terakhir Mutu adalah bermain bersama ASA 2013 Targu Mures, klub di negaranya. Di sana dia hanya bermain 4 kali dan akhirnya menyudahi kariernya sebagai pesepak bola.

“Karier saya sebagai pesepak bola telah berakhir. Hari ini saya akan memulai melatih di SSB (Sekolah Sepak Bola),” sebut Mutu kepada Europa FM.

Imbuhnya, “Pada pertengahan November nanti saya akan menyelesaikan kursus kepelatihan lisensi B. Sebelum mencapai lisensi A untuk kemudian menjadi asisten pelatih di Liga Rumania”.

Selain berkostum Juventus, Mutu pernah merasakan tampil di ISL (Indian Super League) bersama FC Pune City. Dia bermukim selama satu musim yakni pada 2015-16 dan bermain 10 kali dengan mencetak 4 gol.

Selama kariernya, Mutu lebih banyak berkiprah di Serie-A. Dia memulainya bersama Internazionale Milan, kemudian Hellas Verona, Parma, Juventus, Fiorentina, dan Cesena. Mutu sempat bermain bersama Chelsea selama satu musim pada 2003-2004.

Selain dikenal sebagai penyerang skillfull, Mutu pernah menjadi pembicaraan gara-gara pernah mengonsumsi kokain. Dia lantas dipecat Chelsea pada 29 Oktober 2004. Mutu juga dikenai larangan terjun ke sepak bola selama 7 bulan dan denda sebesar 20 juta pounds.

Selepas bebas dari sanksi pada 18 Mei 2005, Mutu dipinang Juventus. Semusim berkostum La Vecchia Signora, dia kemudian bermukim bersama Fiorentina selama 5 tahun. Bersama La Viola, Mutu kembali tersandung obat-obatan terlarang. Dia gagal dalam tes doping dan dikenai sanksi larangan bermain selama 6 bulan.

Comments are closed.