Berita Terkini: Madrid Resmi Menjadi Kota Sepak Bola Terhebat di Eropa

Madrid kini laik disebut sebagai kota terhebat di pentas sepak bola Eropa. Bagaimana tidak, trofi juara di kompetisi antarklub Eropa, termasuk Liga Champions, paling banyak berkumpul di kota tersebut.

Memang, sebelum laga final antara Real Madrid kontra Atletico Madrid digelar di Stadion Giuseppe Meazza, Minggu (29/5) dini hari WIB, status itu pun sudah dipastikan. Pasalnya, dua tim yang tampil di final sama-sama mewakili Kota Madrid.

Setelah El Real menang adu penalti 5-3 atas Atletico, Madrid akhirnya resmi mengambil alih status sebagai kota sepak bola terhebat di Eropa.

Pasalnya, tim dari Kota Madrid kini sudah mengumpulkan 16 gelar juara di semua kompetisi Eropa (European Cup/Liga Champions, Piala UEFA/Liga Europa, Piala Winners). Real Madrid menyumbang 13 titel juara dan Atletico dengan 3 gelar.

Kota Milan yang sebelumnya berbagi status, kini terpaut satu gelar di belakang Madrid. Kota Milan mengoleksi 15 trofi juara masing-masing 9 diraih AC Milan dan 6 oleh Inter Milan.

Tim dari Kota Madrid sendiri sudah 26 kali tampil di final kompetisi Eropa. El Real sudah 18 kali berpartisipasi di laga puncak dan Atletico 8 kali. Tim dari Kota Milan hadir 23 kali di partai final (Milan 14 kali dan Inter 9 kali).

Di belakang dua kota itu, ada London yang berpartisipasi dalam 20 laga final. Ada lima tim asal London yang pernah tampil, yaitu Chelsea 8, Arsenal 5, Tottenham Hotspur 4, West Ham United 2, Fulham 1.

Madrid juga laik disebut sebagai kota terhebat di Liga Champions karena mengoleksi 11 gelar juara. Semua diraih Los Blancos -julukan Real Madrid-. Madrid juga 17 kali tampil di final Liga Champions (Real Madrid 14, Atletico 3).

Dalam dua aspek itu, Kota Madrid unggul atas Milan yang mengumpulkan 10 trofi Liga Champions (16 final) lewat AC Milan dengan 7 trofi (11 final dan Inter Milan 3 trofi (5 final). Sementara, di bawah Madrid dan Milan, ada Kota Munich yang tercatat 10 kali tampil di final dengan raihan 5 trofi juara. Semua dipersembahkan oleh Bayern Muenchen.

Comments
Loading...