Berita Terkini: Robben Klaim Van Gaal Miliki Andil Di Balik Kesuksesan Bayern

Bintang Bayern, Arjen Robben, menjelaskan bahwa kesuksesan yang diraih klub dalam beberapa tahun terakhir tidak terlepas dari sumbangsih Louis van Gaal.

Van Gaal pernah menangani Bayern dari tahun 2009 hingga 2011. Mereka sukses meraih Double Winners dengan menjuarai Bundesliga dan DFB-Pokal pada musim 2009-10. Mereka bahkan hampir melengkapinya dengan trofi Liga Champions seandainya menang atas Inter Milan di partai final.

Posisi Van Gaal kemudian digantikan oleh Jupp Heynckes, yang berhasil mempersembahkan Treble Winners pada tahun 2013.

Penerus Heynckes, Pep Guardiola, memenangi tiga titel Bundesliga berturut-turut sebelum hijrah ke Manchester City pada musim panas ini.

Menurut Robben, seluruh kesuksesan yang didapatkan Heynckes dan Guardiola adalah hasil dari dasar yang diterapkan oleh Van Gaal. Ia juga meyakini situasinya tidak akan jauh berbeda di tangan pelatih anyar, Carlo Ancelotti.

“Aku pikir perkembangan positif di klub dan tim ini telah dimulai sejak era Van Gaal,” ujar Robben seperti yang dikutip oleh FourFourTwo.

“Ia memainkan sepak bola yang menyerang, dan kemudian Heynckes membangun dari hal tersebut. Setiap pelatih (yang datang) sedikit terpengaruh olehnya, termasuk hal-hal detail yang selalu ia kerjakan. Itulah yang kita lihat dalam beberapa tahun terakhir.”

“Heynckes fokus dalam beberapa hal tertentu, Guardola sedikit berbeda, dan Ancelotti akan kembali berbeda. Tetapi, tidak akan ada perubahan besar. Hanya akan ada perubahan kecil.”

“Menurutku, anda harus membangun sesuatu dari gaya bermain yang menjadi miliki dari klub ini dan telah menghadirkan kesuksesan. Tidak akan ada pelatih yang mengubah semua hal dan menerapkan permainan yang sangat berbeda,” tambah dirinya.

Comments
Loading...