Berita Terkini: Xavi Beberkan Cara Melatih Guardiola

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, menjelaskan bahwa manajer anyar Manchester City, Pep Guardiola, merupakan sosok dapat mempersiapkan para pemainnya dengan sangat baik.

Xavi jelas mengenal Guardiola. Ia merupakan bagian inti dari skuat Barcelona ketika mereka meraih kejayaan pada tahun 2008 hingga 2012.

Menurut pria yang saat ini bermain bagi Al-Sadd tersebut, Guardiola merupakan figur yang sangat menuntut. Namun, hal tersebut justru akan membuat para pemain semakin berkembang.

“Ia membuat tuntutan yang tiggi akan dirinya sendiri dan hal itu menyebar kepada orang lain. Ia memiliki isi dan tahu bagaimana cara menyampaikannya. Pesannya sampai kepada para pemain. Hanya dengan menjadi Pep, orang-orang mendengarkannya di Barcelona,” terang Xavi kepada Guardian.

“Anda akan benar-benar belajar dengan Pep. Ia menjelaskan segalanya dengan sangat baik, tidak hanya apa yang lakukan tapi kenapa anda melakukannya.”

“Ia sangat baik dalam menyaring informasi. Ia bisa mengurung diri di kantornya menyaksikan berbagai rekaman untuk mempersiapkan laga sampai ia menemukan kuncinya. Ia mungkin akan menghabiskan dua hingga tiga jam untuk sebuah rekaman, tetapi ia hanya membutuhkan 10 menit ketika menunjukkannya kepada para pemain.”

“Ia tidak akan membebani anda dengan hal tersebut. Ia memang sangat menuntut, tetapi tidak dalam hal jumlah imformasi yang ia berikan. Rekaman-rekaman tersebut hanya akan fokus pada aspek-aspek kunci pertandingan,” tambah dirinya.

Pada Sabtu (13/8) mendatang, Guardiola akan menjalani debutnya bersama Man. City di Premier League 2016-17 melawan Sunderland di Stadion Etihad.

Comments
Loading...